DSpace Repository

Pengaruh Efek Media Sosial Instagram Terhadap Efektifitas Dakwah (Studi Kasus Followers Akun @dawuhguru)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syafaat Muhari
dc.contributor.author Khaizatun Ni‟mah, 20220190
dc.date.accessioned 2024-10-31T05:34:23Z
dc.date.available 2024-10-31T05:34:23Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3983
dc.description.abstract Media sosial, khususnya Instagram, telah menjadi platform yang efektif untuk menyebarkan informasi dan pesan, termasuk dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana efek media sosial Instagram, khususnya pada akun @dawuhguru, dapat mempengaruhi efektivitas dakwah. penelitian ini didasari bahwa akun Instagram @dawuhguru selain mensyaratkan khas dakwah yang Islami juga berisikan kata-kata mutiara yang penuh dengan nasihat dan sangat inspiratif dari berbagai ulama yang memang secara tamplate visualnya hanya menampilkan wajah dari ulama tersebut, kepopuleran Instagram sebagai media jejaring sosial. Urgensi dakwah di media sosial juga harus menjadi suatu peluang dan kesempatan bagi umat muslim untuk menyebarkan kebaikan agama Islam pada pengguna Instagram. Perbedaan penelitian ini dengan penelitan terdahulu adalah objek penelitian, tekhnik analisis data, dan variabel pengaruh terhadap efektifitas dakwah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan anilisis deskriptif melalui studi kasus. Sampel penelitian diambil dari followers akun @dawuhguru. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, angket yang disebar kepada responden melalui admin pusat @dawuhguru. Analisis data dilakukan untuk menguji pengaruh variabel independen (pengaruh efek media sosial Instagram) terhadap variabel dependen (efektivitas dakwah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek media sosial Instagram pada akun @dawuhguru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas dakwah. Tingkat pengaruh efek media sosial Instagram pada followers akun @dawuhguru terhadap efektivitas dakwah sebesar 24,2%, sementara itu 75,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan minat followers dalam mempelajari agama, perubahan perilaku keagamaan, serta peningkatan pemahaman terhadap ajaran agama. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami potensi media sosial, khususnya Instagram, sebagai alat dakwah yang efektif. Selain itu, penelitian ini juga memberikan rekomendasi bagi para dai dan pengelola media sosial dalam memanfaatkan Instagram untuk meningkatkan efektivitas dakwah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Media sosial en_US
dc.subject dakwah en_US
dc.subject Instagram en_US
dc.subject efektivitas en_US
dc.subject @dawuhguru en_US
dc.title Pengaruh Efek Media Sosial Instagram Terhadap Efektifitas Dakwah (Studi Kasus Followers Akun @dawuhguru) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account