DSpace Repository

Persepsi Mahasiswa terhadap Aplikasi Canva sebagai Media Komunikasi Visual (Studi Kasus Komunikasi Massa pada Mahasiswa IIQ Jakarta)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Al-Mukarromah
dc.contributor.author Natasya Adistia Izzati, 20220198
dc.date.accessioned 2024-10-31T05:37:53Z
dc.date.available 2024-10-31T05:37:53Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/3984
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi Canva sebagai media komunikasi visual di kalangan mahasiswa Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta. Latar belakang penelitian ini didasari dari pentingnya komunikasi dalam kehidupan manusia, di mana komunikasi visual menjadi salah satu cara efektif untuk menyampaikan pesan dengan menggunakan gambar, simbol, dan teks. Seiring dengan perkembangan teknologi, aplikasi seperti Canva telah memudahkan pengguna, khususnya mahasiswa, dalam menciptakan desain visual tanpa memerlukan keahlian yang mendalam. Penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya yang juga mengkaji penggunaan media komunikasi visual, dalam konteks dan subjek yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan sumber data utama berupa wawancara tertulis melalui Google Form yang melibatkan 94 mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan di IIQ Jakarta. Penelitian ini menekankan pada analisis persepsi mahasiswa terhadap faktor adopsi serta efektivitas dan kendala dalam penggunaan Canva, serta dampaknya terhadap kreativitas dan status sosial mereka sebagai mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan meliputi pengumpulan data primer melalui wawancara tertulis, serta data sekunder dari literatur yang relevan. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori difusi inovasi untuk menganalisis tahapan keputusan mahasiswa dalam mengadopsi Canva sebagai media komunikasi visual juga teori determinasi teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa mayoritas mahasiswa IIQ Jakarta menganggap Canva memudahkan mahasiswa dalam menyampaikan pesan visual secara efektif. Kesimpulan ini memberikan wawasan penting tentang peran teknologi dalam kehidupan individu, serta bagaimana aplikasi seperti Canva dapat menjadi media yang powerful dalam mendukung komunikasi visual di kalangan mahasiswa.Disarankan agar Canva lebih memperhatikan kebutuhan spesifik pengguna, terutama dalam meningkatkan aksesibilitas dan fitur pada versi gratis. Selain itu, Canva sebaiknya mengoptimalkan kinerja aplikasinya untuk penggunaan yang lebih efisien walaupun di wilayah dengan konektivitas internet terbatas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Canva en_US
dc.subject Desain Grafis en_US
dc.subject Aplikasi en_US
dc.subject Komunikasi Visual en_US
dc.subject Media en_US
dc.title Persepsi Mahasiswa terhadap Aplikasi Canva sebagai Media Komunikasi Visual (Studi Kasus Komunikasi Massa pada Mahasiswa IIQ Jakarta) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account