DSpace Repository

Social Manners Untuk Anak Dalam Al-Quran (Studi Analisis Tafsir The Clear Quran For Kids Karya Musthafa Khattab (L. 1979 M))

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mamluatun Nafisah
dc.contributor.author Miska Salsabila, 21211710
dc.date.accessioned 2025-12-02T05:49:50Z
dc.date.available 2025-12-02T05:49:50Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4569
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena sosial anak di era digital yang memengaruhi perilaku, seperti kemunduran etika berbahasa, ucapan kasar, dan bullying verbal. Kondisi ini menunjukkan pentingnya pendidikan adab sosial sejak dini agar anak berakhlak mulia dan menghargai orang lain. Fokus penelitian adalah penafsiran QS. Al-Ḥujurāt ayat 1–13 dalam The Clear Qur’an for Kids karya Musthafa Khattab, dengan tujuan mengidentifikasi nilai-nilai social manners yang terkandung dan menganalisisnya melalui perspektif teori psikososial Erik Erikson. Persamaan penelitian ini dengan studi terdahulu terletak pada upaya mempermudah pemahaman anak terhadap pesan Al-Qur’an menggunakan bahasa sederhana dan media yang menarik. Namun, penelitian ini berbeda karena fokus pada tema adab dan akhlak sosial, serta mengintegrasikan tafsir dengan ilustrasi dan contoh aplikatif yang relevan dengan kehidupan seharihari anak. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis isi, mendeskripsikan penafsiran QS. Al-Ḥujurāt ayat 1–13 oleh Musthafa Khattab. Sumber data primer adalah tafsir The Clear Qur’an for Kids, sedangkan data sekunder berasal dari literatur terkait tafsir, pendidikan anak, dan teori psikososial. Analisis difokuskan pada pengungkapan nilai-nilai social manners dan keterkaitannya dengan tahap perkembangan psikososial menurut Erik Erikson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Khattab menafsirkan QS. AlḤujurāt ayat 1–13 dengan menekankan nilai-nilai seperti respect authority, watch your tongue, dan equality. Nilai-nilai ini meliputi adab berbicara, menghargai privasi, memverifikasi informasi, menjaga persaudaraan, toleransi, dan keadilan, yang relevan untuk pembentukan karakter anak. Analisis menunjukkan keterkaitannya dengan tahap initiative vs. guilt dan industry vs. inferiority dalam teori Erikson, yang mendukung tumbuhnya rasa tanggung jawab, kepercayaan diri, dan kesadaran sosial pada anak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Social manners en_US
dc.subject Psikososial Erik Erikson en_US
dc.subject Tafsir anak en_US
dc.subject The Clear Qur’an for Kids en_US
dc.subject Surah Al- Ḥujurāt ayat 1-13 en_US
dc.title Social Manners Untuk Anak Dalam Al-Quran (Studi Analisis Tafsir The Clear Quran For Kids Karya Musthafa Khattab (L. 1979 M)) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account