DSpace Repository

Tamyiz al-Riwayat: Analisis Israiliyyat dalam Literatur Qiṣaṣ al-Anbiya untuk Anak Usia Dini (Analisis Buku Cerita Nabi di RA Labschool IIQ Jakarta)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sofian Effendi
dc.contributor.author Siti Luthfiatul Arifah, 21211850
dc.date.accessioned 2025-12-04T03:36:52Z
dc.date.available 2025-12-04T03:36:52Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4600
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan buku cerita anak bertema kisah Nabi sebagai bahan bacaan anak usia dini yang kerap kali memuat unsur isrā’īliyyāt tanpa pencantuman sumber yang jelas. Ketidakterjelasan tersebut berpotensi menimbulkan bias dalam pemahaman keagamaan anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengklasifikasi unsur isrā’īliyyāt dalam buku cerita Nabi yang digunakan di RA Labschool IIQ Jakarta. Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah keberadaan narasi isrā’īliyyāt yang bercampur dengan kisah Nabi tanpa adanya verifikasi sumber, sehingga diperlukan klasifikasi untuk menentukan validitasnya. Penelitian ini memiliki kesamaan dengan studi-studi sebelumnya yang menelaah isrā’īliyyāt dalam literatur Islam, khususnya tafsir. Namun, berbeda dari penelitian sebelumnya yang umumnya berfokus pada kitab tafsir dan ditujukan untuk kalangan akademik, penelitian ini secara spesifik menyoroti konten buku cerita anak usia dini yang jauh lebih mudah diakses oleh masyarakat umum lintas latar belakang. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenis kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif-analitik. Analisis dilakukan dengan kerangka klasifikasi riwayat berdasarkan pendapat Abdul Wahhab Fāyed (w. 1420 H) yang membagi isrā’īliyyāt ke dalam tiga kategori: diterima (maqbūl), ditangguhkan (mauqūf), dan ditolak (mardūd). Fokus penelitian diarahkan pada autentisitas sumber narasi dalam buku cerita anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 12 buku cerita anak bertema kisah Nabi dan Rasul yang tersedia, hanya empat buku yang memenuhi kriteria kelayakan konten untuk dianalisis. Dari keempat buku tersebut, ditemukan lima belas riwayat isrā’īliyyāt dalam lima kisah Nabi: Ādam a.s., Idrīs a.s., Ayyūb a.s., Mūsā a.s., dan Dāwūd a.s. Riwayat-riwayat tersebut terklasifikasi menjadi empat riwayat maqbūl, lima mauqūf, dan enam mardūd. Unsur isrā’īliyyāt yang ditemukan berupa tambahan narasi, deskripsi tokoh secara hiperbolik, dan dialog yang tidak terdapat dalam Al-Qur’an maupun hadis. Temuan ini menegaskan pentingnya kehati-hatian dalam penyusunan maupun penggunaan buku cerita anak berbasis kisah Nabi untuk menghindari penyebaran narasi yang tidak otentik dan potensi penyimpangan dalam pembentukan akidah anak usia dini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Isrā’īliyyāt en_US
dc.subject buku cerita Nabi en_US
dc.subject klasifikasi riwayat en_US
dc.subject anak usia dini en_US
dc.title Tamyiz al-Riwayat: Analisis Israiliyyat dalam Literatur Qiṣaṣ al-Anbiya untuk Anak Usia Dini (Analisis Buku Cerita Nabi di RA Labschool IIQ Jakarta) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account