DSpace Repository

Pendidikan Karakter Dalam Kisah Nabi Ibrahim As. (Studi Analisis Kitab Tafsir Al-Qur`an Al-Karim Karya Mahmud Yunus)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muthmainah
dc.contributor.author Alfa Alfi Ulin Nikmah, 14210564
dc.date.accessioned 2020-07-01T03:53:25Z
dc.date.available 2020-07-01T03:53:25Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/717
dc.description.abstract Latar belakang dari penulisan ini adalah penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana cara Nabi Ibrahim as. mendidik anak dan kaumnya, karena di masa yang sekarang ini banyak orang-orang yang berperilaku kurang baik dan banyak melanggar aturan-aturan syari’at Islam, tidak hanya itu saja, anak-anak juga banyak yang kurang mendapatkan pendidikan agama dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar sehingga melanggar normanorma agama maupun norma-norma Negara. Maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dalam mendidik peserta didik sesuai dengan ayat-ayat kisah Nabi Ibrahim as. dan bisa menjadi inspirasi bagi keluarga Muslim dalam mendidik peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berusaha menjawab permasalahan melalui studi pustaka (library research) dan merujuk pada data primer dan skunder. Sumber primer yang penulis gunakan adalah Tafsir Al-Qur`an Al-Karim Karya Mahmud Yunus QS. Al-Baqarah [2]:132, Asy-Syu’arâ [26]: 214, Maryam [19]:42-45, Al-Anbiyâ [21]: 68-69, Ibrâhîm [14]: 40, Al-Hajj [22]: 26-29, Asy-Syûrâ [42]: 13, Mumtahanah [60]:4, dan An-Nahl [16]: 125. Sementara data sekunder penulis menggunakan kitab-kitab Tafsir, Hadis, serta buku-buku atau jurnal yang berkaitan dengan pembahasan. Adapun teknik analisi data yang digunakan adalah tematik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan Nabi Ibrahim as. merupakan sebuah pola atau rancangan pendidikan yang diambil dari proses pendidikan yang dilakukan oleh Nabi Ibraim as. sendiri. Menurut Mahmud Yunus konsep yang dipakai Nabi Ibrahim as. tidak jauh berbeda dengan konsep dan komponen-komponen pendidikan sekarang ini, diantaranya adalah: pertama, tujuan yang diajarkan oleh Nabi Ibraim as. adalah untuk membentuk kepribadian muslim yang baik, yakni selalu tunduk dan patuh dengan ajaran Allah Swt., kedua, Nabi Ibrahim as. mendidik dan berdakwah kepada sumua golongan dari berbagai jenis latar belakang, ketiga, materi yang diajarkan adalah ketauhidan, ibadah, dan akhlakul karimah, keempat, konsep yang diajarkan adalah konsep keteladanan, konsep nasihat dan konsep dialog. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Kisah Nabi Ibrahim As en_US
dc.title Pendidikan Karakter Dalam Kisah Nabi Ibrahim As. (Studi Analisis Kitab Tafsir Al-Qur`an Al-Karim Karya Mahmud Yunus) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account