DSpace Repository

Pengaruh Mata Kuliah Madzâhib at-Tafsîr Terhadap Pemahaman dan Sikap Toleran Mahasiswa IAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ali Mursyid
dc.contributor.author Nur Mahbubah, 15210683
dc.date.accessioned 2020-07-02T07:12:33Z
dc.date.available 2020-07-02T07:12:33Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/768
dc.description.abstract Al-Qur‟an adalah tunggal, namun penafsiran Al-Qur‟an tidak tunggal, sebab metode yang digunakan oleh para ulama berbeda-beda dalam memahami Al-Qur‟an. Sekarang ini di media umum dan media sosial, muncul perkembangan sikap beragama yang kurang toleran, dimana banyak tokoh atau pihak yag dituduh kurang benar hanya karena melakukan hal-hal diluar apa yang pada umumnya dilakukan banyak orang. Ini di antaranya karena bahwa dalam Islam banyak madzhab fiqih dan banyak madzhab tafsir, madzhab akidah, madzhab tasawuf yang kurang dipahami masyarakat luas, sehingga orang yang berbeda dianggap dengan mudah sebagai pihak yang salah. Sikap membenarkan satu madzhab saja lalu menafikkan madzhab-madzhab fiqih dan tafsir yang lain adalah contoh orang yang memahami bahwa tafsir Al-Qur‟an itu tunggal, hal ini menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan dan kehidupan bermasyarakat. Maka mengenalkan Madzâhib at-Tafsîr menjadi penting, dengan alasan ini penulis tertarik meneliti pengaruh mata kuliah Madzâhib at-Tafsîr terhadap pemahaman dan sikap toleran mahasiswa IAT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan kualitatif, penelitian lapangan (field research) yaitu Suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada di lapangan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Dimana menurut Bodgan dan Taylor, metodologi kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku dapat diamati. Pendekatan kualitatif ini dipilih oleh penulis berdasarkan tujuan penelitian yang ingin mengetahui pengaruh mata kuliah Madzâhib at-Tafsîr terhadap pemahaman dan sikap toleran mahasiswa IAT di IIQ Jakarta, PTIQ Jakarta, dan Sekolah Tinggi Kulliyatul Qur‟an (STKQ) Al-Hikam Depok. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa mata kuliah Madzâhib at-Tafsîr sangat mempengaruhi pemahaman dan sikap toleran mahasiswa IAT di IIQ Jakarta dan PTIQ Jakarta, namun untuk mahasiswa dengan latar belakang keluarga dan lingkungan yang kurang toleran, tidak sepenuhnya menjadi toleran. Sedangkan di STKQ al-Hikam untuk mahasiswa yang tidak menyelesaikan mata kuliah Madzâhib at-Tafsîr hingga akhir ternyata juga berpengaruh terhadap pemahaman dan sikap toleran mahasiswa, mahasiswa yang mempelajari Madzâhib at-Tafsîr setengah-setengah memiliki pemahaman yang sempit dan sikap yang tidak toleran en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Madzâhib at-Tafsîr en_US
dc.subject Pemahaman en_US
dc.subject Sikap Toleran en_US
dc.title Pengaruh Mata Kuliah Madzâhib at-Tafsîr Terhadap Pemahaman dan Sikap Toleran Mahasiswa IAT en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account