Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1347
Title: Implementasi Pembelajaran Daring pada Metode Maisura dalam Pembelajaran Al-Qur`an di Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta
Authors: Miskah Farras Taqiyyah, 17311887
Advisor: Siti Shopiyah
Issue Date: 2021
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Al-Qur`an berisi wahyu Allah SWT. Maka ketika membaca al-Qur`an haruslah dengan tartil atau bacaan bertajwid yang baik dan benar. IIQ Jakarta menjadikan metode Maisura sebagai pedoman pembelajaran Al-Qur`an. Dalam masa darurat penyebaran covid, proses belajar mengajar berbasis active learning serentak dialihkan kepada e-learning, begitupun pembelajaran Al-Qur`an. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring pada metode maisura dalam pembelajaran Al-Qur`an di Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta. Pada penelitian sebelumnya membahas mengenai penerapan metode maisura dalam pembelajaran Al-Qur`an. Penulis sama-sama meneliti tentang metode maisura, yang membedakan penulis dengan peneliti yaitu dalam pembelajaran daring. Maka pembahasan skripsi ini berfokus pada bagaimana implementasi pembelajaran daring pada metode maisura dalam pembelajaran Al-Qur`an? Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi interpretatif dasar (Basic Interpretative Studies) bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dari Observasi, Wawancara dan dokumentasi dengan mengambil data-data yang diperlukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur`an secara daring dengan metode maisura di Intitut Ilmu Al-Qur`an Jakarta dari segi pemaparan dimulai dari susunan penyampaian teori dan kemudian dilanjut dengan praktik bacaan Al-Qur`an. Metode pembelajaran yang dapat digunakan di antaranya, metode interaktif; klasikal individual; metode ceramah; metode dril; metode tanya jawab; metode demonstrasi. Dalam melakukan penerapan pembelajaran daring diperlukan persiapan yang matang. Pertama, mempersiapkan jaringan internet; kedua, membuat suasana kondusif untuk belajar; ketiga, hadir tepat waktu; keempat, kerjasama antara koordinator meeting dengan participant; kelima, pemahaman penggunaan teknologi; keenam, tertib. Jika hal ini dapat diupayakan dengan maksimal kemungkinan hasil pembelajaran yang didapat tidak akan berbeda jauh dari pembelajaran luring, bahkan dengan pembelajaran daring ini, dapat berlangsung di manapun peserta berada
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1347
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311887.pdf
  Restricted Access
2.38 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.