Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2336
Title: Pelaksanaan Metode Iqra' dalam Prestasi Belajar Al-Qur'an Siswa SDIT Al-Hamidiyah Sawangan Depok
Authors: Ziyadatul Farihah, 05310774
Advisor: Nadjematul Faizah
Issue Date: 2010
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Metode Iqra adalah metode Dasar pembelajaran Al-Qur'an yang ditemukan oleh H. As'ad Humam. alah Sekolah Islam Terpadu Al-Qur'an (SDIT) Al-Hamidiyah lembaga pendidikan formal yang memprioritaskan anak membaca Al-Qur'an dengan menggunakan metode Iqra'. Melaui penelitian ini penulis ingin mengetahuai bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an di SDIT Al-Hamidiyah dengan menggunakan metode Iqra'. Dalam kajian teoritis, penulis memaparkan sejarah penyusunan, tahapan wawancara, pembelajaran menggunakan observasi pendekatan menggunakan dan tes kualitati:C metode membaca iqra tehnik dan al-qur'an. kompetensi pengumpuan Adapun belajar datanya tehnik analisis al-qur'an.Penelitimenggunakandata penulis sebagai Human Instrument melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar terbilang sedang. Dimana perolehan nilai rata-rata prestasi belajar terhadap kelancaran membaca al­qur' an 62.1%, makharijul huruf 72.6%, tajwid 67.4% dari skor 71-80, sedangkan skor tertinggi 81-90 terhadap kelancaran membaca al-qur'an 26.3%, makharijul huruf 8.4%, tajwid hanya 10.5%.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2336
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ziyadatul Farihah_FULL.pdf
  Restricted Access
6.51 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.