Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4390Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Hulailah Istiqlaliyah | - |
| dc.contributor.author | Pofi Yulmi putri, 19320050 | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-26T07:41:29Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-26T07:41:29Z | - |
| dc.date.issued | 2024 | - |
| dc.identifier.uri | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4390 | - |
| dc.description.abstract | Huruf hijaiah adalah huruf Arab yang dimulai dari Alif (۱) hingga Ya (ي(, yang berjumlah dua puluh sembilan, dan disebut sebagai huruf hijaiah. Maka dari itu mempelajari huruf hijaiah sangat penting karena mempengaruhi bacaan Al-Qur’an anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan tentang penerapan media kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiah anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Sebjek penelitian yaitu, kepala sekolah dan guru kelas TK A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digun akan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiah anak di TK Yasmin Jatikramat Bekasi dapat berjalan baik dengan melakukan. 1. guru menunjukkan gambar yang sesuai dengan tema. 2. guru menyiapkan dan membagikan kartu huruf dan 3. guru menunjukkan kartu huruf dan melafalkannya. Dalam menunjukkan kartu huruf hijaiah anak sudah bisa menjawab dan melafalkanya, anak juga teratur dalam menerima kartu yang dibagikan guru. Dalam bermain kartu huruf hijaiah baik dalam melafalkan dan menjawab anak bersemangat sampai ada yang berebutan karna anak seusia sekarang butuh permainan, bisa juga bermain sambil belajar. Kemudian menyebutkan huruf hijaiah dan menuliskan huruf hijaiah, dalam menyebutkan huruf hijaiah satu persatu anak sudah mulai lacar tanpa melihat kartu. Dalam menulis huruf hijaiyah anak masih mengunakan buk u gambar sebagai panduan bagi mereka tetapi ada beberapa huruf hijaiah yang anak sudah bisa menulis tampa melihat panduan buku atau kartu gambar. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
| dc.subject | Kartu bergambar | en_US |
| dc.subject | Kemampuan membaca | en_US |
| dc.subject | huruf hijaiyah | en_US |
| dc.title | Penerapan Media Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiah Anak Usia 4-5 Tahun di TK Yasmin Jatikramat Bekasi | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| Appears in Collections: | Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 14-19320050.pdf | 3.55 MB | Adobe PDF | View/Open | |
| 14-19320050_Publik.pdf | 3.04 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.