Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4267| Title: | Konsep Pengembangan Potensi An-Nafs dan Implikasinya dalam Pendidikan Perspektif Al-Qur’an |
| Authors: | Muhaemin, 316440010 |
| Advisor: | Asep Saepudin Jahar Muhammad Azizan Fitriana |
| Issue Date: | 2025 |
| Publisher: | Program Pascasarjana IIQ Jakarta |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menemukan metode yang tepat dalam mengembangkan potensi an-nafs perspektif Al-Qur’an, merumuskan kontribusi peranan pendidikan dalam upaya pengembangan potensi an-nafs menurut Al-Qur’an, dan menemukan konsep baru dalam pengembangan potensi an-nafs dan implikasinya dalam pendidikan melalui pendekatan metode tafsir mauḍū’ī. Penelitian ini menolak teori multiple intelligences yang digagas Howard Gardner (1983) dalam bukunya “Frames of Mind:The Theory of Multiple Intelligences” bahwa manusia memiliki sekumpulan kecerdasan yang parsial meliputi: spasial-visual, linguistik, interpersonal, musikal, natural, kinestetik, intrapersonal, logis-matematis, dan eksistensial. Sedangkan Al-Qur’an menganalisis adanya kecerdasan yang terintegrasi secara holistik dengan potensi lain yaitu potensi spiritual (ad-dīniyyah), intelektual (al-‘aqliyah), potensi kalbu (al-qalbiyah), potensi nafsu (an-nafsiyah), dan potensi roh (ar-rūhaniyah). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif-deskriptif melalui riset perpustakaan (library risearch) dengan cara menganalisis sumber sumber data primer melalui kitab-kitab tafsir Al-Qur’an dan sumber data sekunder meliputi kitab penunjang tafsir, buku, dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian ini menemukan tiga rumusan yaitu pertama, metode yang relevan dalam mengembangkan potensi an-nafs perspektif Al-Qur’an meliputi 4 metode yaitu: taswiyah an-nafs, tazkiyah an-nafs, iktisyāf al-qudrah, dan at-tawāṣul al-wālidī. Kedua, kontribusi pendidikan memainkan peran vital dan urgen dalam upaya pengembangan potensi an-nafs menurut Al-Qur’an; dan ketiga, konsep pengembangan potensi an-nafs memiliki implikasi dalam pendidikan untuk merancang dan menentukan konsep penunjang pendidikan yang meliputi visi, misi, tujuan, kurikulum, pendekatan pembelajaran, sarana prasarana pendidikan, manajemen pengelolaan pendidikan, dan evaluasi pendidikan. |
| URI: | https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4267 |
| Appears in Collections: | Disertasi S3 Ilmu Al Quran dan Tafsir |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 316440010_Muhaemin.pdf Restricted Access | 316440010_Disertasi | 3.65 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
| 316440010_Muhaemin_BAB 1&6.pdf Restricted Access | 316440010_Disertasi_BAB 1&6 | 1.52 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.