Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan melakukan penganalisaan terhadap
berbagai aspek pendidikan anak dan menemukan konsep pendidikan anak dalam perspektif
psikologi dan pendidikan Islam. Jenis penelitian library research, teknik pengumpulan data
menggunakan dokumentasi, setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis
deskriptif dan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama: konsepsi
pendidikan anak dalam perspekstif psikologi memiliki empat dimensi utama yaitu, fisik, psikis,
spiritual, dan sosio kultural. Pola asuh pendidikan anak harus sesuai dengan kondisi psikologis
anak yaitu dengan gaya Autoritatif. Kedua: mendidik dengan perspektif pendidikan Islam, akan
menjadikan anak lebih sehat jiwanya yaitu mereka yang memiliki kondisi fisik yang prima,
kecerdasan mental intelektual (IQ) yang tinggi, kondisi kesehatan jiwa/kepribadian yang
matang dan stabil dalam mental emosionalnya (EQ) mempunyai integritas kepribadian yang
tinggi (mental-sosial) dan mempunyai keteguhan iman dan Islam. Ketiga: Peran penting
psikologi dalam pendidikan Islam yaitu menjembatani proses penyampaian ilmu pengetahuan
agar lebih memperhatikan psikologi masing-masing individu anak atau peserta didik, karena
hal ini sangat menetukan keberhasilan orang tua atau pendidik dalam mentransfer ilmu yang
diberikan kepada anak-anaknya