Cantika Qurrota Aini, 19312112(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan perhatian orang
tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih di MTs Fisabilillah
Bekasi. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi
bagaimana peran ...
Fadhilatun Nahla, 19320036(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas implementasi ekstrakurikuler tahfiz dalam meningkatkan kecintaan terhadap
Al-Qur’an anak usia 5-6 tahun di TK Al-Iman. Ekstrakurikuler Tahfiz
merupakan program ...
Nurjannah, 118311975(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Seluruh siswa di SMP 17 Sarolangun wajib mengikuti program
unggulan karena tahfidz merupakan bagian dari muatan lokal. Peran seorang
guru sangatlah penting dalam menginspirasi siswa untuk menghafal
AlQur’an karena ...
Ziana Tul Zakiah, 20312351(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Indonesia adalah bangsa yang majemuk, baik dari sisi budaya, etnis,
bahasa dan agama. Untuk itu, diperlukan upaya untuk menjaga keharmonisan
dalam bermasyakarat termasuk dalam dunia pendidikan. Dalam dunia
pendidikan, ...
Nurul Izza, 20312334(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Kesehatan mental memiliki peranan yang penting di dalam diri seseorang,
jika kesehatan mentalnya baik, maka kehidupan pun akan menjadi lebih baik.
Orang yang memiliki kesehatan mental yang baik memiliki pengendalian
emosi ...
Siti Masturoh, 18311936(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2023)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran manajemen
pesantren dalam membentuk karakter disiplin santri di Pondok Pesantren
Modern Bayt Al-Qur’an Cikande Serang. Pesantren merupakan lembaga
pendidikan Islam ...
slamic Green School adalah sebuah konsep
penyelenggaraan pendidikan yang berfokus pada
lingkungan dan keberlanjutan. Penyelenggara
Pendidikan (Sekolah/ Pesantren) harus berkomitmen
untuk mendidik peserta didik sadar ...
Adzkia Aulia, 20320058(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Anak usia dini adalah masa keemasan
(golden age) yang paling mendasar, di mana dasar-dasar perkembangan
kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni, moral, dan ...
Qurotul Aini, 20320074(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Ketika anak-anak mencapai masa emasnya, mereka berubah menjadi
peniru yang baik. Berdasarkan apa yang kita lihat, jangan meremehkan usia
anak. Jika diberikan kepada anak seusia tersebut sebagai mainan, maka akan
mempengaruhi ...
Mar’atus Sholihah, 20320066(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena yang marak terjadi
akhir-akhir ini adalah diterapkannya program menghafal Al-Qur’an di sekolah
Islam maupun di sekolah umum. Dari berbagai tingkatan pendidikan mulai
TK, SD, ...
Mutiara, 20320069(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap
keunggulan di TK Ash-Shobur yaitu adanya metode reward dan punishment,
metode reward adalah pemberian hadiah dan punishment adalah pemberian
hukuman ...
Uswatun Hasanah, 20320078(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Masa usia dini biasa disebut masa golden age merupakan fase kritis
dalam perkembangan anak. Lingkungan harus memberikan stimulasi yang
mendukung perkembangan anak dalam berbagai aspek. Peran orang tua
penting dalam ...
Mia Istiqomah, 20320068(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengalaman langsung melihat kasus
bullying di sekolah selama Program Pengalaman Lapangan (PLP).
Pengalaman ini menginspirasi untuk menggali lebih dalam mengenai pola
penanganan guru ...
Putri Alifia, 20320073(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penulisan ini dilatarbelakangi dari pengalaman langsung melihat kasus
anak tantrum yang sering terjadi pada anak usia 4-5 tahun saat melakukan
observasi. Pengalaman ini menginspirasi untuk menggali lebih dalam
mengenai ...
Nisa Ali, 20320071(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Sentra tahfidz merupakan program pembelajaran sentra yang terdapat
di TK Al-Kautsar yang berfokus pada pengajaran dan penghafalan Al-Qur’an
pada anak usia dini. Kemampuan menghafal pada anak usia dini dipengaruhi
oleh ...
Najla’ Afifah Hulwah, 20320070(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Semakin meluasnya penggunaan teknologi digital dalam kehidupan
sehari-hari dan dampaknya terhadap pola asuh orang tua. Digital parenting,
yang mencakup cara orang tua mengelola dan mengontrol penggunaan
teknologi oleh ...
Bintang Shafa Masnaini. Z, 20320062(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Full day school merupakan sistem pendidikan yang memperpanjang waktu
belajar siswa dengan mengintegrasikan kegiatan akademik, ekstrakurikuler,
dan pembelajaran agama dalam satu hari penuh. Di Indonesia, penerapan
model ...
Lisyafa’ati Hij Nabila Putri, 20320065(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa peneliti melihat
langsung perkembangan sosial emosional dapat menanamkan nilai
percaya diri, kemandirian dan bertanggung jawab melalui kegiatan
metode bermain peran. Tujuan dari ...
Amalia Rahma, 20320059(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa pola asuh orang tua masih
mengawasi anaknya bermain gadget tapi tidak membatasi waktu anak ketika
anak menggunakanya, jika dibiarkan dengan kurangnya pendampingan dan
pengawasan ...
Maulida Fitriani, 20320067(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Latar belakang penelitian ini adalah penanaman nilai karakter cinta
tanah air kepada anak usia dini di era globalisasi sangat penting, agar anak
usia dini selalu mengingat dan mengenal identitas diri sebagai warga
negara ...