Rachma Sulastri, 20312229(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penelitian ini, menggunakan metode kulaitatif dengan pendekatan
deskriptif dan jenis penelitian menggunakan studi kasus (case studies), data
yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu
dengan ...
Dhitya Keke Fauziyah, 16311729(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2023)
Di Pondok Pesantren At-Thahiriyyah pada kondisi santri SMP kelas
VII dan VIII ini banyak yang masih kesulitan dalam membaca Al-Qur`an,
maka metode talaqqi ini sangat membantu santri menghafal sekaligus
menyempurnakan ...
Namira Syafitri, 18311922(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2023)
Metode pemberian tugas yang sudah lama diberlakukan di sekolahsekolah harus mempunyai hasil peningkatan yang baik dari siswa dalam
memahami suatu materi. Karena dalam kegiatan pembelajaran guru
mempunyai peran penting ...
Deby Aristawidya, 21312370(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya penggunaan media
sosial dikalangan pelajar, yang tidak hanya memberikan efek positif, tetapi
juga menimbulkan berbagai pengaruh negatif, penelitian ini bertujuan ...
Inggita Seruni Aslamadisti, 21312394(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Perkembangan teknologi digital menuntut mahasiswa memiliki keterampilan
literasi digital, terutama dalam penyusunan karya ilmiah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman literasi digital mahasiswa
tingkat ...
Insani Nur Hidayati, 21312395(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Pembelajaran yang efektif tidak hanya menekankan aspek kognitif,
tetapi juga afektif dan keterampilan komunikasi siswa. Salah satu teknik yang
dapat digunakan dalam pembelajaran PAI adalah self-disclosure (keterbukaan
diri), ...
Intan Nurmawadah, 21312396(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kreativitas guru dalam
menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif, menarik, dan
menyenangkan, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI). Kreativitas ...
Lia Indrianti, 21312407(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya pembelajaran
akidah akhlak di sekolah dalam membentuk karakter dan perilaku siswa.
Materi pembelajaran yang diberikan masih berfokus pada ranah kognitif saja,
sedangkan ...
Umi Kultsum Al-Kandahlawi, 21312474(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkurangnya akhlak pada zaman ini
terutama dikalangan anak remaja. Darurat akhlak sangat berdampak bagi
kehidupan, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan dimasa
depan. ...
Chofifah Hasanah, 18311997(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Guru Pendidikan Agama Islam berperan dalam membentuk karakter
religius siswa. Pembentukan karakter religius siswa bisa melalui pembiasaan
shalat berjamaah di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
bagaimana ...
Lathifah Nasywa Nabilah, 21312406(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di
lingkungan sekolah dasar, di mana masih ditemukannya murid-murid sekolah
dasar yang mengalami kesulitan dalam mengelola emosi mereka, mudah
tersulut amarah, ...
Syulatul Qolbi Djamilah Hasmi, 21312473(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode
Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SD Insan Nurul Fikri Bedahan.
Metode Ummi adalah pembelajaran Al-Qur’an yang menekankan aspek tartil,
tajwid, serta ...
Lulu Olivia, 21312410(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Pembelajaran efektif dan efisien dicapai dengan strategi yang sesuai cara
belajar siswa, salah satunya adalah strategi berbasis multiple intelligences
yang berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik. Penelitian ...
Fira Sari Islami, 21312382(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena belum optimalnya hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Islam Sinar
Cendekia, Tangerang Selatan, yang dalam beberapa semester sebelumnya
masih ...
Suryati, 21312469(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Strategi sima’an merupakan metode yang digunakan dalam proses
pembelajaran tahfiz di lingkungan pesantren sebagai upaya menjaga dan
meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri. Di Pesantren Kampoeng
Tahfidz Cilik ...
Nadhira Aqilah Damayanti, 2131222(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membangun suasana
belajar yang baik untuk meningkatkan minat belajar siswa, seiring dengan
perkembangan inovasi teknologi. Salah satu bentuk perkembangan teknologi
informasi ...
Alifah Akmarina Adiba, 21312356(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar
mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Qiraat di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ)
Jakarta, terutama dari kalangan mahasiswa dengan latar belakang nonpesantren yang ...
Fina Hadziqatur Rahmah, 21312381(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan seseorang dalam
menghadapi suatu masalah. Adversity Quotient merupakan kemampuan
yang sangat penting dimiliki seseorang untuk tetap fokus dan bangkit dari
kesulitan dalam ...
Anissa Rifdah, 21312359(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya motivasi peserta didik
pada pelajaran akidah akhlak yang menyebabkan kejenuhan dan suasana kelas
menjadi tidak kondusif. Oleh karna itu, guru akidah aklak menerapan ...
Aliya Zafira, 21312357(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2025)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan yang dihadapi mahasiswa
penghafal Al-Qur`an di IIQ Jakarta dalam mengatur waktu antara hafalan dan
kewajiban akademik. Kegagalan mencapai target hafalan sering disebabkan
oleh ...