DSpace Repository

PEMANFAATAN APLIKASI ICANDO BAGI GURU SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI PAUD BINTANG CERIA JAKARTA PUSAT

Show simple item record

dc.contributor.author Hasanah, Faza Karimatul Akhlak
dc.date.accessioned 2022-08-10T04:45:48Z
dc.date.available 2022-08-10T04:45:48Z
dc.date.issued 2021-09
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1739
dc.description.abstract Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi aplikasi Icando dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan mengetahui sejumlah manfaat yang didapatkan guru melalui pengalaman menggunakan aplikasi Icando Sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian yakni purposive sampling dengan subjek penelitian adalah guru yang telah memanfaatkan aplikasi Icando dalam proses pembelajaran di saat pandemi Covid-19 dan pihak pengembang aplikasi Icando. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Peneliti mengobservasi kegiatan pembelajaran di PAUD Bintang Ceria dan mewawancarai guru yang terlibat dalam pembelajaran juga mewawancari pihak Icando melalui PT ICD Karya Indonesia sekaligus mendokumentasikan segala hal yang berkaitan dengan rumusan masalah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam pengimplementasian aplikasi Icando Sekolah pada PAUD Bintang Ceria terbagi menjadi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Dalam Perencanaan, RPP dan LPPA sudah tersedia dari pihak Icando dan bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan sekolah sedangkan manfaat yang dirasakan guru selama menggunakan aplikasi Icando sekolah, pertama dalam sisi input guru merasa lebih dimudahkan dalam pembuatan rancangan pembelajaran dan guru selalu dibimbing dalam dimonitoring perkembangan sekolah mitra dengan mengadakan perkumpulan sebulan sekali. Kedua dalam sisi proses adalah terciptanya suasana belajar yang menyenangkan sehingga anak menjadi lebih aktif dan rajin, memudahkan proses belajar mengajar sehingga materi yang disampaikan tepat sasaran, ketiga, dalam sisi output anak menjadi lebih berani dan terjalinnya komunikasi efektif antar guru dan orang tua terhadap terhadap anak en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher PERNIK Jurnal PAUD en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. 4;No. 1
dc.subject Icando en_US
dc.subject Inovasi Pembelajaran en_US
dc.subject Covid 19 en_US
dc.title PEMANFAATAN APLIKASI ICANDO BAGI GURU SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI PAUD BINTANG CERIA JAKARTA PUSAT en_US
dc.type Journal en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account