dc.description.abstract |
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi aplikasi Icando dalam pelaksanaan
pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan mengetahui sejumlah manfaat yang didapatkan guru melalui
pengalaman menggunakan aplikasi Icando Sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif dengan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian yakni purposive sampling dengan subjek
penelitian adalah guru yang telah memanfaatkan aplikasi Icando dalam proses pembelajaran di saat pandemi
Covid-19 dan pihak pengembang aplikasi Icando. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan
observasi. Peneliti mengobservasi kegiatan pembelajaran di PAUD Bintang Ceria dan mewawancarai guru yang
terlibat dalam pembelajaran juga mewawancari pihak Icando melalui PT ICD Karya Indonesia sekaligus
mendokumentasikan segala hal yang berkaitan dengan rumusan masalah.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam pengimplementasian aplikasi Icando Sekolah pada PAUD Bintang
Ceria terbagi menjadi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Dalam Perencanaan, RPP dan LPPA sudah
tersedia dari pihak Icando dan bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan sekolah sedangkan manfaat yang dirasakan
guru selama menggunakan aplikasi Icando sekolah, pertama dalam sisi input guru merasa lebih dimudahkan dalam
pembuatan rancangan pembelajaran dan guru selalu dibimbing dalam dimonitoring perkembangan sekolah mitra
dengan mengadakan perkumpulan sebulan sekali. Kedua dalam sisi proses adalah terciptanya suasana belajar yang
menyenangkan sehingga anak menjadi lebih aktif dan rajin, memudahkan proses belajar mengajar sehingga materi
yang disampaikan tepat sasaran, ketiga, dalam sisi output anak menjadi lebih berani dan terjalinnya komunikasi
efektif antar guru dan orang tua terhadap terhadap anak |
en_US |