slamic Green School adalah sebuah konsep
penyelenggaraan pendidikan yang berfokus pada
lingkungan dan keberlanjutan. Penyelenggara
Pendidikan (Sekolah/ Pesantren) harus berkomitmen
untuk mendidik peserta didik sadar ...
Adzkia Aulia, 20320058(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Anak usia dini adalah masa keemasan
(golden age) yang paling mendasar, di mana dasar-dasar perkembangan
kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni, moral, dan ...
Qurotul Aini, 20320074(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Ketika anak-anak mencapai masa emasnya, mereka berubah menjadi
peniru yang baik. Berdasarkan apa yang kita lihat, jangan meremehkan usia
anak. Jika diberikan kepada anak seusia tersebut sebagai mainan, maka akan
mempengaruhi ...
Mar’atus Sholihah, 20320066(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena yang marak terjadi
akhir-akhir ini adalah diterapkannya program menghafal Al-Qur’an di sekolah
Islam maupun di sekolah umum. Dari berbagai tingkatan pendidikan mulai
TK, SD, ...
Mutiara, 20320069(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap
keunggulan di TK Ash-Shobur yaitu adanya metode reward dan punishment,
metode reward adalah pemberian hadiah dan punishment adalah pemberian
hukuman ...
Uswatun Hasanah, 20320078(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Masa usia dini biasa disebut masa golden age merupakan fase kritis
dalam perkembangan anak. Lingkungan harus memberikan stimulasi yang
mendukung perkembangan anak dalam berbagai aspek. Peran orang tua
penting dalam ...
Mia Istiqomah, 20320068(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengalaman langsung melihat kasus
bullying di sekolah selama Program Pengalaman Lapangan (PLP).
Pengalaman ini menginspirasi untuk menggali lebih dalam mengenai pola
penanganan guru ...
Putri Alifia, 20320073(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penulisan ini dilatarbelakangi dari pengalaman langsung melihat kasus
anak tantrum yang sering terjadi pada anak usia 4-5 tahun saat melakukan
observasi. Pengalaman ini menginspirasi untuk menggali lebih dalam
mengenai ...
Nisa Ali, 20320071(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Sentra tahfidz merupakan program pembelajaran sentra yang terdapat
di TK Al-Kautsar yang berfokus pada pengajaran dan penghafalan Al-Qur’an
pada anak usia dini. Kemampuan menghafal pada anak usia dini dipengaruhi
oleh ...
Najla’ Afifah Hulwah, 20320070(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Semakin meluasnya penggunaan teknologi digital dalam kehidupan
sehari-hari dan dampaknya terhadap pola asuh orang tua. Digital parenting,
yang mencakup cara orang tua mengelola dan mengontrol penggunaan
teknologi oleh ...
Bintang Shafa Masnaini. Z, 20320062(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Full day school merupakan sistem pendidikan yang memperpanjang waktu
belajar siswa dengan mengintegrasikan kegiatan akademik, ekstrakurikuler,
dan pembelajaran agama dalam satu hari penuh. Di Indonesia, penerapan
model ...
Lisyafa’ati Hij Nabila Putri, 20320065(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa peneliti melihat
langsung perkembangan sosial emosional dapat menanamkan nilai
percaya diri, kemandirian dan bertanggung jawab melalui kegiatan
metode bermain peran. Tujuan dari ...
Amalia Rahma, 20320059(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa pola asuh orang tua masih
mengawasi anaknya bermain gadget tapi tidak membatasi waktu anak ketika
anak menggunakanya, jika dibiarkan dengan kurangnya pendampingan dan
pengawasan ...
Maulida Fitriani, 20320067(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2024)
Latar belakang penelitian ini adalah penanaman nilai karakter cinta
tanah air kepada anak usia dini di era globalisasi sangat penting, agar anak
usia dini selalu mengingat dan mengenal identitas diri sebagai warga
negara ...
Alifia Putri Laily, 19320034(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2023)
Pada saat melakukan Pengenalan Lapangan
Persekolahan, penulis melihat saat pembelajaran berlangsung terdapat seorang
anak mengingatkan temannya yang sedang bertengkar menggunakan hadis
yang sudah dipelajari. Penulis ...
Khadijah Qonitah, 19320044(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2023)
Di antara kurikulum di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dimana program hafalan surat pendek, seluruh siswa-siswi TK Islam Al-Abror Tanah Merdeka Jakarta Timur diajarkan hafalan di kelompok B dengan target hafal ...
Siti Aisyah, 19320057(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2023)
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan anak dalam menghafal surah-surah pilihan di TKQ Baiturrahmah dan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan menghafal Al-Qur’an anak Melalui Penerapan Metode Ummi. Metode penelitan ...
Alfia Fayruz, 19320033(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2023)
Pembentukan akhlak mulia adalah elemen krusial dalam proses pendidikan anak usia dini. Kualitas akhlak suatu bangsa juga sangat memengaruhi tingkat peradaban bangsa tersebut juga merupakan langkah penting dalam membentuk ...
Lala Aminah, 19320045(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2023)
Al-Qur’an adalah kitab yang hadir melalui perjuangan nabi Muhammad. Oleh karena itu, sebagai penerus generasi Qur’ani kita harus mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid agar hasil bacaannya baik dan benar. ...
Hasanah, 19320041(Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2023)
Keterlambatan berbicara (speech delay) merupakan ketidakmampuan anak dalam menggunakan bahasa, hal tersebut merupakan masalah yang serius dan segera ditangani. Maka dari itu penerapan literasi sangat penting agar memberikan ...