Abstract:
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca bahasa inggis. Metode yang digunakan adalah survei dengan analisis regresi linear ganda. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel diambil sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, modus, standar deviasi, dan statistika inferensial yaitu untuk mencari koefisien korelasi sederhana dan ganda yang dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien korelasi dengan uji t. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 01 April s.d 30 mei 2015. Hasil penelitian menunjukkan : 1). Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca bahasa Inggris siswa, dibuktikan dengan perolehan nilai F hitung = 79,250 sedangkan F tabel = 3,35. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca terhadap kemampuan membaca bahasa Inggris siswa, dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 2,319 dan Sig. 0,028 < 0,05. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca bahasa Inggris siswa, dibuktikan dengan perolehan nilai thitung= 2,608 dan Sig. 0,015 < 0,05.