Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan startegi pembelajaran yang dilakukan oleh sekolah
khususnya guru PAI dalam mengatasi kesulitan kegiatan belajar mengajar di kelas 4 SD Dua Mei Ciputat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data
primer berasal dari kepala sekolah, guru PAI, dan murid kelas 4, sedangkan sumber data sekunder berasal
dari data-data sekolah, buku, jurnal, artikel dan skripsi. Teknik analisis data menggunakan model reduksi
data, penyajian data, dan verifukasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penerapan strategi pembelajaran kontekstual sudah berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari beberapa aspek,
yaitu guru PAI telah menyusun perencanaan strategi pembelajaran pada era pandemi covid-19,
meminimalisir kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar online dan bekerja sama dalam kegiatan belajar
mengajar online bersama orang tua siswa. Adapaun faktor pendukung dalam melaksanakan pembelajaran
online meliputi inovasi strategi pembelajaran, bantuan fasilitas wifi sekolah terhadap guru dan koordinasi
yang baik antara orang tua dan guru. Sedangkan faktor penghambatnya jaringan internet yang kurang stabil,
adanya beberapa orang tua yang belum mengerti dalam penggunaan internet dan kompetensi siswa menurun