dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian didasari pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berbasis
alam sebagai pendidikan alternatif untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang berkualitas dalam
pengembangan karakter siswa yang berlandaskan dengan Al-Qur’an dan Hadis. Tujuan Penelitian
ini yaitu untuk mengetahui dan menggambarkan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam berbasis
alam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis analisis deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data
primer berasal dari kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Sumber data sekunder didapat dari datadata sekolah seperti buku kurikulum, buku PAI, junal dan lain-lain. Teknik analisis data
menggunakan model Miles and Huberman: kolektif data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi
data atau kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam berbasis alam dapat meningkatkan karakter religious siswa. Hal ini dapat dicapai
karena siswa dapat berinteraksi langsung dengan alam seperti kegiatan outbound, camping,
gardening dan ekspedisi dalam pembelajaran PAI. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran
berbasis alam harus dipertahankan sebagai bentuk keunggulan dan menjadikan pembelajaran PAI
berbasis alam yang berkualitas di SD Alam Karawang. |
en_US |