Abstract:
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengembangan
model desain pembelajaran Kemp dalam pembelajaran. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu kepustakaan (Library Research). Sumber data primer
dalam penelitian ini yaitu: buku-buku utama terkait dengan pengembangan Model
Kemp seperti: Kemp, J. E., Morrison, G. R., & Ross, S. V Design effective
instruction, Serhat Kurt, “Kemp Design Model, Ratumanan dan Imas Rosmiati,
Perencanaan Pembelajaran dan lainnya. Sementara, data sekunder dalam
penelitian ini yaitu: jurnal-jurnal internasional dan jurnal nasional terkait dengan
pengembangan model pembelajaran Kemp. Adapun langkah-langkah dalam
penelitian ini: pertama, memperoleh data. Kedua, mencari informasi yan
mendukung topik. Ketiga, mempertegas fokus kajian dari bahan bacaan. Keempat,
mereview dan memperkaya bahan bacaan serta mengklasifikasinya. Kelima,
melakukan analisis dan menarik kesimpulan. Temuan dari penelitian ini yaitu:
model desain pembelajaran Kemp dapat digunakan secara fleksibel dan dapat
dimulai secara simultan dari sembilan tahapan tersebut. Pengembangan
pembelajaran model Kemp ini dapat diimplementasikan pada setiap tingkat seperti:
tingkat dasar, menengah maupun di perguruan tinggi. Model ini juga dapat
dipadukan dengan menggunakan desain penelitian deskriptif dan quasi eksperimen
untuk uji lapangan. Selain itu, model Kemp ini juga efektif digunakan oleh guru
dan siswa dalam pengembangan bahan ajar pada suatu mata pelajaran atau mata
kuliah.