DSpace Repository

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TIMOR LESTE

Show simple item record

dc.contributor.author Elis Tuti Winaningsih, Nadjematul Faizah Hosen
dc.contributor.author Syahidah Rena
dc.date.accessioned 2022-09-09T11:15:43Z
dc.date.available 2022-09-09T11:15:43Z
dc.date.issued 2022-04-24
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1838
dc.description.abstract Timor Leste merupakan negara termuda di Asia Tenggara yang memiliki kebebasan dalam hal beragama akibat kebijakan sekuler pemerintah yang memungkinkan semua agama berkembang selama tidak bertentangan dengan kepentingan nasional. Timor Leste dikenal sebagai negara yang paling miskin di dunia sehingga sampai saat ini masih belum menjadi negara ASEAN. Timor Leste memiliki kondisi yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia baik dalam sistem pemerintahan maupun dalam iklim/musim. Terdapat perbedaan teori tentang masuknya Islam ke Timor Leste. Perkembangan Islam di Timor Leste terbagi ke dalam 3 fase yaitu fase penjajahan Portugis, fase bergabung dengan NKRI, dan fase berpisah dengan NKRI. Perkembangan agama Islam di Timor Leste diawali dari masjid An Nur yang difungsikan selain untuk ibadah juga untuk pengajaran dan pembelajaran agama Islam. Tantangan Pendidikan di negara ini adalah dalam masalah kemiskinan, infrastruktur buruk, dan kurangnya guru yang berkualitas. Hubungan Bilateral Indonesia dengan Timor Leste terjadi dalam Bidang Kebudayaan, Ekonomi, Militer, Kesehatan, Kehutanan, dan pendidikan en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Jurnal Kajian Pendidikan Dan Inovasi en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. 5;No. 2, hal: 44-54
dc.subject Perkembangan en_US
dc.subject pendidikan en_US
dc.subject Islam en_US
dc.subject Timor Leste en_US
dc.title PERKEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TIMOR LESTE en_US
dc.type Journal en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account