dc.description.abstract |
Hirarki dalam objek pendidikan sangat mempengaruhi dalam keberhasilan proses didik
dan mendidik, Hirarki objek pendidikan ini akan membangun sikap trust dalam proses
pendidikan, sehingga memberikan peluang yang lebih besar dalam mencapai
keberhasilan dalam proses pendidikan. Memahami hirarki ini ibarat membangun pondasi
bangunan pendidikan yang kokoh antara satu dan yang lainnya akan sangat
mempengaruhi. Hirarki objek pendidikan ini sangat mirip dengan metode keteladanan,
hanya saja memahami hirarki objek pendidikan ini akan melahirkan trust ditengah-tengah
masyarakat, sebab bangunannya dimulai secara berurut dan runut, tidak hanya semangat
sesaat yang meledak-ledak tetapi kemudian membawa kepada permasalahan yang rumit
bahkan tidak sedikit melahirkan cemooh sana sini dan akhirnya menimbulkan sikap
saling menyalahkan.1Kegagalan dalam memahami hirarki ini akan
menimbulkan1distrust antara pendidik dan yang dididik. Dengan memahami hirarki
objek pendidikan ini proses pendidikan akan terarah walaupun berjalan lambat tetapi
pasti. Adapun hirarki objek pendidikan ini pertama adalah diri sendiri yang
mencerminkan keteladanan, kemudian adalah keluarga selanjutnya disusul oleh orangorang yang dalam tanggungan kita seperti pembantu, baru kemudian keluarga terdekat
seperti adik, kakak, paman, uwak,1tetangga dekat atau tetangga jauh, orang -orang yang
takut pada Tuhannya, masyarakat, manusia pada umumnya. |
en_US |