dc.description.abstract |
Pada penelitian ini penulis mengangkat permasalahan akhlak yang terjadi di Era Globalisasi ini dengan konsep
pendidikan akhlak menurut Imam ‘Abdullah bin Alwi al-Haddȃddalam kitabnya an-Nashȃih ad-Dîniyyah Wa alWashȃyȃ al- Îmȃniyyah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak perspektif Imam
‘Abdullah bin Alwi al-Haddȃddalam kitabnya an-Nashȃih ad-Dîniyyah Wa al-Washȃyȃ al- Îmȃniyyah. Pada
penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian library research atau penelitian kepustakaan dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan
pendekatan Content Analysis (analisis isi atau kajian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan
akhlak perspektif Imam ‘Abdullah bin Alwi al-Haddȃdterdiri dari 2 aspek yaitu; pertama, pendidikan akhlak
kepada Allah yang isinya tentang ketaatan kepada Allah diantaranya; taubat, sabar, ikhlas, adab membaca AlQur’an, adab berdoa dan adab berpuasa dan sedangkan ketaatan menjauhi semua larangan-Nya diantaranya;
menjauhi perbuatan zina, menjauhi minuman keras (khamar). Kedua,pendidikan akhlak kepada
manusia,diantaranya; berbuat baik kepada kedua orangtua, berbuat baik kepada tetangga, dan berbuat baik
kepada teman. Pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab an-Nashaid ad-Diniyah isinya adalah dalam bentuk
perintah, anjuran dan larangan.Konsep pendidikan akhlak Imam Abdullah sangat relevan dengan pendidikan
akhlak masa kini yang sangat dibutuhkan pada di Era globalisasi, yang berprinsip pada tolok ukurnya bersumber
dari Al-Qur’an dan hadis. |
en_US |