Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengetahuan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Jakarta Selatan tentang Al-Qur'an serta mengevaluasi minat siswa MIN di Jakarta Selatan dalam belajar menghafal Al-Qur'an. Studi ini dilakukan di MIN 4 Pondok Pinang dan MIN 5 Bintaro.
Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari siswa-siswa yang terdaftar di MIN 4 Pondok Pinang dan MIN 5 Bintaro di Jakarta Selatan. Kuesioner berfokus pada penilaian pengetahuan siswa tentang Al-Qur'an, minat mereka dalam belajar menghafal Al-Qur'an, serta aktifitas mereka terkait dengan Al-Qur'an.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa di MIN 4 Pondok Pinang dan MIN 5 Bintaro memiliki pengetahuan dasar tentang Al-Qur'an. Namun, terdapat perbedaan dalam tingkat pengetahuan antara kedua sekolah tersebut. Selain itu, ditemukan bahwa minat siswa dalam belajar menghafal Al-Qur'an di kedua MIN tersebut cukup tinggi, dengan mayoritas siswa menunjukkan ketertarikan dan motivasi yang kuat.
Aktivitas siswa-siswa MIN di Jakarta Selatan terhadap Al-Qur'an juga menunjukkan variasi. Beberapa siswa secara aktif terlibat dalam kegiatan membaca, menghafal, dan mempelajari Al-Qur'an di luar jam pelajaran, sementara yang lain mungkin memiliki partisipasi yang lebih terbatas. Faktor-faktor seperti lingkungan keluarga dan dukungan dari sekolah juga mempengaruhi aktivitas siswa dalam hal ini.
Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengetahuan siswa tentang Al-Qur'an, minat mereka dalam belajar menghafal Al-Qur'an, serta aktivitas mereka terkait dengan Al-Qur'an di MIN 4 Pondok Pinang dan MIN 5 Bintaro di Jakarta Selatan. Temuan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan strategi pendidikan yang lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan minat siswa terkait dengan Al-Qur'an.