Abstract:
Tujuan penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan proses belajar ilmu tajwid menggunakan
model pembelajaran Quantum Learning dan mengetahui kecakapan siswa
setelah menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dalam belajar
ilmu tajwid di MTs. Al-Futuhiyyah Cibodas Tangerang.
Metode yang digunakan dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan
pendekatan fenomenologi. Tempat penelitian di MTs. Al-Futuhiyyah
Cibodas Tangerang. Sumber data utama adalah Kepala MTs. Al-Futuhiyyah,
dua orang guru mata pelajaran ilmu tajwid, dan empat orang peserta didik.
Adapun sumber data sekunder adalah buku, jurnal, dan skripsi. Kemudian
dokumentasi berupa nilai rapor, foto, dan audio. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa
observasi non partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisi data secara induktif model Miles and Huberman. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Learning yang
diterapkan dalam pembelajaran ilmu tajwid bagi peserta didik MTs. Al-
Futuhiyyah Cibodas Tangerang memiliki pencapaian hasil belajar yang baik.
Terbukti dari kemampuan atau kecakapan peserta didik sejak diterapkannya
model Quantum Learning setiap tahunnya meningkat. Tidak hanya
pencapaian nilai belajar saja, pencapaian hasil belajar ini sudah memenuhi
cakupan tiga ranah jenis belajar yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik