dc.description.abstract |
Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1 dijelaskan bahwa
pendidikan adalah usaha sadar terencana untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirnya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian
diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang
diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Namun fakta lapangan
menunjukan banyaknya jumlah pengangguran lulusan perguruan tinggi
mencapai 787 ribu orang salah satu faktornya kurang memiliki keterampilan
pendukung berupa soft skill.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kecerdasan
keterampilan interpersonal skill terhadap karakter kepemimpinan siswa di
IIHS RI. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah pelaksanaan
pembelajaran interpersonal skill dan karakter kepemimpinan siswa di IIHS RI.
Subjek penelitian seluruh siswa kelas sebelas IIHS RI berjumlah 88 siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif. Dengan
teknik pengambilan data meggunakan observasi, wawancara, dan kuisioner.
Teori yang digunakan adalah teori kecerdasan interpersonal skill dan teori
karakter kepemimpinan siswa. Menurut Howard Gardner, Robbins,
Buhmester, Pearlman dan Cozby yang dimaksud kecerdasan interpersonal
Skill diantaranya adalah pendengar yang baik, menyampaikan pendapat,
bekerja dalam satu tim, kemampuan bersikap terbuka, dan kemampuan
mengatasi konflik.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh kecerdasan
interpersonal skill terhadap karakter kepemimpinan siswa. Hal ini dibuktikan
dengan variabel interpersonal skill memiliki pengaruh yang cukup signifikan
terhadap faktor Y sebesar 0,449 atau dalam bentuk persen sebesar 44,9%.
Dimana interpersonal skill memiliki koefisien regresi sebesar 0,67 yang
memiliki arah positif, ini menujukkan bahwasanya semakin tinggi
interpersonal skill maka semakin tinggi pula DV (Dependent Variabel) atau
faktor Y.
Kata Kunci: |
en_US |