DSpace Repository

Pengaruh Sistem Pembelajaran Boarding School Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Kelas XI di International Islamic High School Republic of Indonesia (IIHS RI)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Alfun Khusnia
dc.contributor.author Qoriatus Sholihah, 15311625
dc.date.accessioned 2020-08-05T06:19:27Z
dc.date.available 2020-08-05T06:19:27Z
dc.date.issued 2019-09-02
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1003
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sistem pembelajaran Boarding School terhadap kecerdasan spiritual peserta didik kelas XI di International Islamic High School Republic of Indonesia (IIHS RI). Di era modern sekarang dalam meningkatkan kecerdasan, anak lebih memusatkan perhatian pada pemberian motivasi dan fasilitas, sedangkan dalam pendidikan spiritual anak tidak diberikan secara langsung akan tetapi diserahkan kepada guru di sekolah dan kyai atau ustadz dengan alasan kurangnya ilmu agama yang dimiliki orang tua dan padatnya aktifitas. Dengan demikian banyak orang tua memilih untuk menempatkan anaknya di sekolah-sekolah berasrama (boarding School) Sistem pendidikan dengan pola boarding school yang merupakan suatu konsep lembaga pendidikan, dimana lembaga sekolah menyediakan asrama untuk tempat tinggal siswa. Selain mendapatkan pendidikan di sekolah, para siswa juga mendapat pendidikan yang ada di asrama yang biasanya berupa pendidikan keagamaan atau nilai-nilai khusus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dengan metode eksploratif melalui pengumpulan data dengan penyebaran angket. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di International Islamic High School Republic of Indonesia (IIHS RI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pada sistem pembelajaran Boarding School terhadap kecerdasan spiritual peserta didik Kelas XI di International Islamic High School Republic of Indonesia (IIHS RI) sebesar 51,4% Sedangkan sisanya sebesar 48,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Sistem Pembelajaran en_US
dc.subject Boarding School en_US
dc.subject Kecerdasan Spiritual en_US
dc.title Pengaruh Sistem Pembelajaran Boarding School Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Kelas XI di International Islamic High School Republic of Indonesia (IIHS RI) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account