dc.description.abstract |
Latar belakang masalah dari skripsi ini adalah adanya dua kelas di MIN
1 Kota Tangerang Selatan yakni kelas bilingual dan kelas regular. Dalam
bidang Al-Qur`an, terdapat perbedaan kemampuan membaca dan menghafal
Al-Qur`an serta hasil nilai pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada
kelas bilingual dan regular. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
bagaimana implementasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada
kelas V bilingual, kelas V Areguler, dan kelas V B regular di MIN 1 Kota
Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif,
dengan teknik pengumpulan data melalui tiga cara yakni 1) observasi, yakni
penulis pengamati proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ),
suasana kelas, sarana dan prasaran pada kelas V bilingual, kelas V A & B
regular. 2) wawancara yakni, penulis melakukan wawancara kepada Kepala
madrasah, Wakil kepala madrasah bidang kurikulum, Guru BTQ kelas V
Bilingual dan kelas V A & B Reguler, serta peserta didik kelas V MIN 1
Kota Tangerang Selatan. 3) dokumentasi yakni, hasil nilai Baca Tulis Al-
Qur`an (BTQ), foto dengan narasumber wawancara, dan foto pada saat
pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada kelas V bilingual, kelas V A
& B reguler.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi pembelajaran Baca
Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada kelas V Bilingual dengan metode Qira`ati
hasilnya sangat baik, dengan rata-rata nilai yang diperoleh yakni 92, 2)
Implementasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada kelas V A
Reguler dengan metode Iqra` hasilnya baik, dengan rata-rata nilai yang
diperoleh yakni 85, 3) Implementasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an
(BTQ) pada kelas V B Reguler dengan metode Iqra‟ hasilnya baik, dengan
rata-rata nilai yang diperoleh yakni 82. |
en_US |