DSpace Repository

Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada Kelas Bilingual dan Kelas Reguler (studi kasus kelas V MIN 1 Kota Tangerang Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nadjematul Faizah
dc.contributor.author Rohmatin Sholihah, 15311629
dc.date.accessioned 2020-08-05T06:28:08Z
dc.date.available 2020-08-05T06:28:08Z
dc.date.issued 2019-09-05
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1006
dc.description.abstract Latar belakang masalah dari skripsi ini adalah adanya dua kelas di MIN 1 Kota Tangerang Selatan yakni kelas bilingual dan kelas regular. Dalam bidang Al-Qur`an, terdapat perbedaan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur`an serta hasil nilai pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada kelas bilingual dan regular. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada kelas V bilingual, kelas V Areguler, dan kelas V B regular di MIN 1 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui tiga cara yakni 1) observasi, yakni penulis pengamati proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ), suasana kelas, sarana dan prasaran pada kelas V bilingual, kelas V A & B regular. 2) wawancara yakni, penulis melakukan wawancara kepada Kepala madrasah, Wakil kepala madrasah bidang kurikulum, Guru BTQ kelas V Bilingual dan kelas V A & B Reguler, serta peserta didik kelas V MIN 1 Kota Tangerang Selatan. 3) dokumentasi yakni, hasil nilai Baca Tulis Al- Qur`an (BTQ), foto dengan narasumber wawancara, dan foto pada saat pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada kelas V bilingual, kelas V A & B reguler. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada kelas V Bilingual dengan metode Qira`ati hasilnya sangat baik, dengan rata-rata nilai yang diperoleh yakni 92, 2) Implementasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada kelas V A Reguler dengan metode Iqra` hasilnya baik, dengan rata-rata nilai yang diperoleh yakni 85, 3) Implementasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada kelas V B Reguler dengan metode Iqra‟ hasilnya baik, dengan rata-rata nilai yang diperoleh yakni 82. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur`an (BTQ) en_US
dc.subject Kelas Bilingual en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) pada Kelas Bilingual dan Kelas Reguler (studi kasus kelas V MIN 1 Kota Tangerang Selatan) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account