dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seputar sproses belajar mengajar
di SMP Islam Al Hasra Bojongsari tentang Bagaimana Peran Guru Budi
Pekerti Islam (BPI) dalam pendidikan budi pekerti siswa di SMP Islam Al
Hasra Bojongsari dalam mencapai tujuan yang diharapkan, sedangkan Fokus
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Budi Pekerti Islam
(BPI) dalam pendidikan budi pekerti siswa di SMP Islam Al-Hasra
Bojongsari, yang dimaksud adalah peran guru Budi Pekerti Islam (BPI)
dalam pendidikan budi pekerti Islam. Sehingga peneliti tertarik untuk
meneliti peran guru pendidikan Budi Pekerti Islam (BPI) khususnya dalam
pendidikan budi pekerti siswa agar mengembangkan sikap, watak, akhlak,
karakter dan nilai moral peserta didik.
Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Penelitian
kualitatif merupakan penelitian di dalamnya terdapat proses pemaknaan
dalam perspektif subjek yang diteliti. Proses pemaknaan dilandaskan kepada
teori yang menjadi panduan untuk memberikan gambaran umum tentang
latar belakang penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian dan
sumber data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah kegiatan guru
dalam pendidikan Budi Pekerti siswa di sekolah SMP Al-Hasra. Sumber
pendukung dalam penelitian ini adalah buku-buku atau jurnal yang sesuai
dengan pembahasan. Data-data tersebut didapatkan melalui wawancara
langsung guru dan Perwakilan Siswa kelas IX, obsevasi langsung
kelapangan, dan dokumen yang peneliti dapatkan langsung dari sekolah,
serta objek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Budi Pekerti Islam (BPI)
dan Perwakilan Siswa Kelas IX.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Peran Guru Budi Pekerti Islam
dalam pendidikan budi pekerti siswa di SMP dalam Islma Al-Hasra
Bojongsari harus memiliki strategi dalam menanamkan nilai-nilai budi
pekerti pada peserta didik dengan membiasakan peserta didik untuk bersikap
disiplin, jujur, bertangung jawab serta sopan santun. Dengan tujuan yang
ingin dicapai sekolah yaitu mengembangkan sikap, watak, akhlak, karakter
dan nilai moral peserta didik. |
en_US |