dc.description.abstract |
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah karena adanya
perilaku negatif pada siswa pada saat proses kegiatan belajar mengajar
seperti, berperilaku acuh tak acuh terhadap pelajaran, bermain-main,
mengangu teman, tidak percaya diri saat ditunjuk guru untuk tampil di
depan, mengobrol dengan teman, bernyanyi ketika proses pembelajaran,
serta tidak mengerjakan tugas dengan baik ketika proses pembelajaran
berlangsung, terutama pada kelas VI mata pelajaran PAI. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan reinforcement
dalam pencegahan perilaku negatif siswa pada pembelajara PAI di kelas VI
SDS Dua Mei Ciputat, Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada
mata pelajaran PAI dengan penerapan reinforcement telah terlaksana dengan
baik, dan ditunjukkan dengan adanya pengurangan perilaku negatif siswa.
Hal ini menujukkan bahwa reinforcement efektif diterapkan pada proses
pembelajaran dalam mencegah perilaku negatif siswa. |
en_US |