DSpace Repository

Pengembangan Modul PAI Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Media Grafis Pada Materi Fiqih Zakat di SMAN 6 Kota Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Dimyati
dc.contributor.advisor Pahrurraji
dc.contributor.author Zuhro, 218430231
dc.date.accessioned 2020-08-07T07:57:00Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1013
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran modul PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui media grafis pada materi fiqih zakat di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan, mendeskripsikan strategi pengembangan modul PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui media grafis pada materi fiqih zakat di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan, dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangan modul PAI berbasis HOTS melalui media grafis pada materi fiqih zakat di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh melalui informan, fenomena, gambar, grafik, bagan dan dokumen. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi/ kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Pembelajaran modul PAI berbasis HOTS melalui media grafis pada materi fiqih zakat di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan: (a). prinsip dan aspek pembelajaran efektif sudah terpenuhi karena didukung subyek pendidik yang berperan aktif; (b). aktivitas pembelajaran modul berbasis HOTS melalui media grafis menghasilkan nilai baik dalam pencapaian tujuan pembelajaran; (c). media grafis dapat memudahkan pemahaman dan mengembangkan penalaran peserta didik; (d). proses pembelajaran menggunakan pengembangan modul PAI berbasis HOTS menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran di kelas. 2). Strategi pengembangannya meliputi: model pembelajaran berbasis proyek, simulasi tata cara ibadah zakat dan tugas pengayaan membuat laporan karya tulis di lembaga pengelola zakat. 3). Faktor pendukung dan penghambat pengembangan modul PAI berbasis HOTS melalui media grafis pada materi fiqih zakat yaitu: a). Faktor pendukung: keterlibatan peserta didik secara aktif, kesesuaian karakteristik materi dengan strategi pembelajaran, mengimplementasikan ide-ide kreatif, merefleksikan kehidupan nyata, menggunakan media lisan, tertulis dan teknologi, dan sebagai bagian pengamalan ibadah. b). Faktor penghambat: kemampuan mengulang konsep, kesadaran dan tanggung jawab individu, memerlukan banyak waktu, pengaturan jadwal praktek kurang sesuai materi berikutnya tertunda, dan memerlukan tambahan biaya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject modul en_US
dc.subject PAI en_US
dc.subject HOTS en_US
dc.subject media grafis en_US
dc.subject fiqih zakat en_US
dc.title Pengembangan Modul PAI Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Media Grafis Pada Materi Fiqih Zakat di SMAN 6 Kota Tangerang Selatan en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account