DSpace Repository

Metode Asy-Syahrani Dalam Pengembangan Bahan Ajar Faraidh Studi Kasus Pada Kelas XI SMAIT Albinaa Islamic Boarding School Bekasi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Abdul Halim Soleh
dc.contributor.advisor Syahida Rena
dc.contributor.author Muhammad Ihrom, 218430223
dc.date.accessioned 2020-08-07T08:44:57Z
dc.date.available 2020-08-07T08:44:57Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1015
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar farâidh dan implementasinya pada peserta didik kelas XI SMAIT ALBINAA IBS. Hal tersebut dilakukan, karena peneliti ingin mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan buku bahan ajar tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode R&D model Dick dan Carey. Pada uji validitas angket respon siswa menggunakan metode pearson correlation. Pada uji reliabilitas angket respon siswa menggunakan metode cronbach’s alpha. Dari hasil penelitian menjelaskan bahwa pengembangan buku bahan ajar farâidh dapat terlaksana dengan baik dengan melibatkan ahli materi, ahli media pembelajaran, dan peserta didik kelas XI, dengan penyusunan yang sistematis disesuaikan dengan RPP, pembagian materi pada setiap pembahasan, pemberian gradasi warna, dan adanya soal-soal latihan, sehingga buku bahan ajar farâidh dinamakan metode Asy-Syahrâni. Pelaksanaan pembelajaran farâidh di kelas XI berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji validasi kesepakatan ahli materi sebesar 0.83 dan hasil uji validasi kesepakatan ahli media sebesar 0.82. Namun, buku bahan ajar farâidh tersebut belum resmi diimplementasikan di SMAIT ALBINAA IBS. Buku bahan ajar farâidh mendapatkan respon positif dari peserta didik, berdasarkan hasil uji validitas angket respon siswa terendah sebesar 0.48, hasil uji realibilitas angket respon siswa sebesar 0.90, dan hasil uji respon siswa sebesar 3.52 sebagai nilai respon positif peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Bahan Ajar Faraidh en_US
dc.subject Metode Penelitian Dan Pengembangan en_US
dc.subject Metode Asy-Syahrani en_US
dc.title Metode Asy-Syahrani Dalam Pengembangan Bahan Ajar Faraidh Studi Kasus Pada Kelas XI SMAIT Albinaa Islamic Boarding School Bekasi en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account