Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesripsikan bagaimana perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penialian pembelajaran di SD Pelita Bangsa
Global Islamic School (GIS) Tangerang Selatan. Hal tersebut dikarenakan peneliti ingin
mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran inklusif di SD Pelita Bangsa GIS,
Tangerang Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk
menyelidiki, menemukan, menggambarkan, memahami, serta menjelaskan dan memusatkan
diri secara intensif terhadap pembelajaran inklusif di SD Pelita Bangsa GIS dan didukung
dengan sumber data kualitatif sebanyak 5 orang pendidik dan tenaga kependidikan serta 2
orang siswa berkebutuhan khusus di kelas 4.
Hasil analisis mengenai implementasi pembelajaran pendidikan inklusif di SD Pelita
Bangsa GIS Pamulang Barat Tangsel menunjukan bahwa SD Pelita Bangsa GIS
melaksanakan beberapa hal dalam pengimplementasian pendidikan inklusif, yaitu sebagai
berikut: 1) SD Pelita Bangsa GIS telah berupaya melakukan perencanaan pembelajaran
khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab yang tepat bagi siswa berkebutuhan khusus
sebagaimana yang dijelaskan pada buku Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan
inklusif oleh direktorat PPK-LK Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
tahun 2014; 2) Pelaksanaan pembelajaran inklusif khususnya pada mata pelajaran Bahasa
Arab di SD Pelita Bangsa GIS telah dilakukan dengan baik. Sekolah juga telah memberikan
pembelajaran dengan kompetensi-kompetensi fungsional (skill) yang dibutuhkan untuk
kemandirian dalam aktivitas kehidupan serta pembiasaan-pembiasaan spiritual untuk
menumbuhkan sikap (akhlak), spiritualitas keagamaan serta perkembangan otak dan karakter
siswa berkebutuhan khusus; dan 3) SD Pelita Bangsa GIS telah melakukan penilaian dan
pelaporan yang relevan dengan apa yang seharusnya dilakukan oleh sekolah penyelenggara
program inklusif. Penilaian hasil belajar siswa berkebutuhandalam mata pelajaran Bahasa
Arab dilakukan melalui penyesuaian terhadap KKM yang telah ditentukan. Hal unik yang
dimiliki sekolah ini adalah memiliki instrumen peniliaian yang berbeda dengan sekolah pada
umumnya dan disusun khusus oleh tim inklusif sekolah