DSpace Repository

“Implementasi Program Pembiasaan Karakter Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa (Studi kasus di SMP Paramarta Ciputat)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Syifa Awallia Putri, 16311675
dc.date.accessioned 2020-08-25T04:48:39Z
dc.date.available 2020-08-25T04:48:39Z
dc.date.issued 2020-08-05
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1038
dc.description.abstract Pendidikan karakter merupakan faktor yang penting dalam kehidupan manusia, namun umumnya pendidikan di Indonesia saat ini sedang mengalami krisis karakter. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menanamkan generasi penerus bangsa diantaranya memasukkan nilainilai karakter pada setiap proses pembelajaran, akan tetapi realitanya, tidak semua guru menghadapi dapat menerapkan pendidikan karakter kepada peserta didik karena pendidikan karakter harus diimbangi dengan pembiasaan. Tidak ada yang menyangkal bahwa karakter merupakan aspek yang penting untuk kesuksesan manusia dimasa depan, karakter yang kuat akan membentuk mental yang kuat, sedangkan mental yang kuat akan melahirkan spirit yang kuat, pantang menyerah, berani mengarungi proses panjang serta menerjang arus badai yang bergelombang dan berbahaya. untuk itu sangat diperlukan adanya penerapan pembiasaan pendidikan karakter baik di dalam kelas maupun diluar kelas guna untuk membentuk karakter siswa, karna pendidikan karakter menjadi keniscahayaan bagi bangsa ini untuk membangun mental pemenang bagi generasi bangsa dimasa yang akan datang. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana implementasi program pembiasaan karakter dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP Paramarta? (2) Apa saja nilai karakter yang diimplementasikan melalui program pembiasaan karakter siswa dalam meningkatkan prestasi siswa? (3) Faktor pendukung dan penghambat dari penerapan program pembiasaan karakter dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP Paramarta?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa implementasi program pembiasaan karakter yang dilakukan setiap hari, menumbuhkan karakter baik pada siswa, terbentuknya karakter siswa yang baik ini, dapat meningkatkan perolehan dalam meraih prestasi, karena salah satu faktor berhasilnya meraih prestasi itu dengan memiliki karakter yang baik. Hal tersebut dapat memperlihatkan bahwa yang memiliki kepribadian karakter baik akan mudah dalam meraih prestasi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Program Pembiasaan Karakter en_US
dc.subject Prestasi en_US
dc.title “Implementasi Program Pembiasaan Karakter Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa (Studi kasus di SMP Paramarta Ciputat) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account