dc.description.abstract |
Dengan memperhatikan kondisi masyarakat saat ini, dan juga seiring
berjalan dan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi,
pengaktualisasian nilai Al-Qur`an mengalami banyak kendala dalam
berupaya membentuk generasi yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia,
cerdas, maju, dan mandiri. Namun, untuk mewujudkan generasi Qur’ani yang
mampu mengaktualisasikan nilai-nilai Al-Qur`an sebagaimana yang telah
disebutkan diatas dibutuhkan kemampuan dasar dalam belajar Al-Qur`an.
Kemampuan dasar tersebut meliputi membaca dan menulis Al-Qur`an. Oleh
karena itu pada penelitian ini penulis tertarik untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an siswa jika dikorelasikan
dengan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits
Penelitian ini menggunakan Penelitian Kuantitatif, penelitian ini
dilakukan pada siswa/siswi kelas X MA. Tarbiyah Islamiyah, pada bulan Juni
2020. Metode ini digunakan untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan
Membaca Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-
Qur’an Hadits. Populasi siswa sebanyak 74 orang. Teknik pengambilan
sampel pada penelitian ini menggunakan pengambilan sampel acak
sederhana, maka sebagian populasi dipilih secara acak dan dijadikan sampel
pada penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Hasil Belajar siswa pada
mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X di MA. Tarbiyah Isamiyah Kota
Tangerang baik. Hasil belajar tersebut dibuktikan dengan nilai pada mata
pelajaran tersebut yang berada diatas nilai rata-rata (80,77) yang menunjukan
baik. Terdapat pengaruh yang rendah antara kemampuan membaca Al-
Qur’an dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits
kelas X di MA Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan
dengan nilai thitung sebesar 1,798. Ini menunjukkan bahwa nilai thitung
(1,798) < nilai ttable (2,034). Hal ini menunjukkan bahwa Ha ditolak dan H0
diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh antara kemampuan
membaca Al-Qur’an (X) dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadits (Y) terdapat
korelasi yang rendah. |
en_US |