DSpace Repository

Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Quran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Benda Kota Tangerang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurnia Akbar
dc.contributor.author Muftihatuzzahra, 16311738
dc.date.accessioned 2020-08-25T05:01:13Z
dc.date.available 2020-08-25T05:01:13Z
dc.date.issued 2020-07-10
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1044
dc.description.abstract Dengan memperhatikan kondisi masyarakat saat ini, dan juga seiring berjalan dan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, pengaktualisasian nilai Al-Qur`an mengalami banyak kendala dalam berupaya membentuk generasi yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cerdas, maju, dan mandiri. Namun, untuk mewujudkan generasi Qur’ani yang mampu mengaktualisasikan nilai-nilai Al-Qur`an sebagaimana yang telah disebutkan diatas dibutuhkan kemampuan dasar dalam belajar Al-Qur`an. Kemampuan dasar tersebut meliputi membaca dan menulis Al-Qur`an. Oleh karena itu pada penelitian ini penulis tertarik untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an siswa jika dikorelasikan dengan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Penelitian ini menggunakan Penelitian Kuantitatif, penelitian ini dilakukan pada siswa/siswi kelas X MA. Tarbiyah Islamiyah, pada bulan Juni 2020. Metode ini digunakan untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadits. Populasi siswa sebanyak 74 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan pengambilan sampel acak sederhana, maka sebagian populasi dipilih secara acak dan dijadikan sampel pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X di MA. Tarbiyah Isamiyah Kota Tangerang baik. Hasil belajar tersebut dibuktikan dengan nilai pada mata pelajaran tersebut yang berada diatas nilai rata-rata (80,77) yang menunjukan baik. Terdapat pengaruh yang rendah antara kemampuan membaca Al- Qur’an dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X di MA Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 1,798. Ini menunjukkan bahwa nilai thitung (1,798) < nilai ttable (2,034). Hal ini menunjukkan bahwa Ha ditolak dan H0 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh antara kemampuan membaca Al-Qur’an (X) dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadits (Y) terdapat korelasi yang rendah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Qur’an en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Quran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Benda Kota Tangerang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account