DSpace Repository

Pendidikan Berbasis Sirah Nabawiah Sebagai Strategi Guru Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik (Studi Kasus Di Kuttab Al-Fatih Tangerang Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pahrurraji
dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.author Faidatul Ma'rifah, 217430207
dc.date.accessioned 2020-08-25T05:12:57Z
dc.date.available 2020-08-25T05:12:57Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1049
dc.description.abstract Kita mengetahui bahwa kurikulum pendidikan yang ada di Indonesia telah berulangkali mengalami perubahan, namun peserta didik masih saja kurang dalam nilai-nilai pendiidikan agama Islamnya, sejarah pendidikan Islam yang sudah terlewatkan sejak 1400 tahun yang lalu, telah menunjukkan dan membuktikan bahwa umat Islam dapat mencapai zaman kegemilangan dengan menerapkan dan mengikuti metode Salafu Shalih (tiga generasi muslim awal Islam), yaitu pola pendidikan yang diajarkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW, salah satu lembaga pendidikan di indonesia yang menerapkan metode tersebut pada zaman moderen ini yaitu Kuttab Al-Fatih, dengan menerapkan konsep pendidikan berbasis sirah nabawiah, dengan berlandaskan Al-Qur’an dan sunnah. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu berupa obsevasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pendidikan berbasis Sirah Nabawiah di Kuttab Al-Fatih Tangerang Selatan dalam meningkatkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada peserta didik dibagi menjadi dua, yaitu materi iman dan materi Al-Qur’an, adapun nilai-nilai pendidikan Islam yang meningkat pada peserta didik di Kuttab Al-Fatih Tangerang Selatan yaitu nilai aqidah (keimanan), nilai ibadah, nilai akhlak, nilai sosial, sedangkan strategi guru yang telah dicontohkan oleh Rasulullah yang di terapkan oleh gurur-guru Kuttab Al-Fatih antara lain metode keteladanan, metode ceramah, pembiasaan, pendekatan, metode tanya jawab, dan Berkisah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendidikan Berbasis Sirah Nabawiah en_US
dc.subject Strategi Guru en_US
dc.subject Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Pendidikan Berbasis Sirah Nabawiah Sebagai Strategi Guru Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik (Studi Kasus Di Kuttab Al-Fatih Tangerang Selatan) en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account