DSpace Repository

Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Wahyu Rumyati, 16311763
dc.date.accessioned 2020-08-25T05:14:56Z
dc.date.available 2020-08-25T05:14:56Z
dc.date.issued 2020-08-06
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1050
dc.description.abstract Banyak orang yang merasakan kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, baik itu dari kalangan anak-anak, kalangan remaja, orang tua, dari laki-laki maupun perempuan. Padahal sebenarnya Al-Qur’an mudah dipelajari dan tidak sulit, dengan syarat adanya kemauan, keseriusan dan kesungguhan dalam mempelajarinya. Maka dari itu banyak metode-metode yang diciptakan untuk memudahkan dalam membaca Al-Qur’an, salah satunya adalah metode Tilawati. Karena itulah penulis membuat karya ilmiah yang berjudul “Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakarta”. Karya ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Tilawati di madrasah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis dengan latar penelitian di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakarta, subjek penelitiannya adalah siswa MI kelas satu (1). Peneliti melakukan observasi terhadap aktivitas guru yang meliputi pelaksanaan kegiatan pembuka, pelaksanaan kegiatan inti, dan pelaksanaan kegiatan penutup. Selain observasi aktivitas guru, peneliti juga mengamati kualitas bacaan Al-Qur’an siswa dalam pembelajaran, yang meliputi kelancaran membaca siswa, kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan kaidah hukum tajwid yang benar, dan kemampuan membaca serta mengucapkan huruf yang sesuai dengan makhrajnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakarta bahwa proses pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Tilawati ini telah berjalan dengan baik, karena penerapan metode Tilawati di madrasah ini telah prosedur, serta teknik pembelajarannya, sehingga metode Tilawati di madrasah ini dinilai efektif untuk membantu siswa dalam hal membaca Al-Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Metode Pembelajaran Al-Qur’an en_US
dc.title Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account