dc.description.abstract |
Skripsi ini berjudul “Penerapan Ekstrakurikuler Marawis di MTs Saadatuddarain Jakarta. MTs Saadatuddarain sangat berkomitmen dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler, baik yang bersifat akademis maupun nonakademis. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa disetiap sekolah di hadapkan pada suatu kondisi dimana sekolah harus mampu mengembangkan potensi peserta didik sesuai bakat dan kompetensinya. Untuk itu peneliti akan membahas tentang bagaimana Mts. Saadatuddarain menerapkan kegiatan ekstrakurikuler marawis sebagai program yang dimintai siswa. Banyak penghargaan yang diperoleh MTs Saadatuddarain. Ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan ekstrakurikuler marawis di MTs Saadatuddarain berkualitas dengan pembinaan terpola sehingga banyak siswa berminat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler marawis. Atas dasar itulah penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan kegiatan ekstrakurikuler marawis di MTs Saadatuddarain
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu cara mengumpulkan data apa adanya pada saat penelitian dilaksanakan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan ekstrakurikuler marawis di MTs Saadatuddarain berdasar angket minat siswa terkategori baik terbukti dari jumlah persentasi sebesar 53%. Kategori cukup 33%, kurang 13%, dan kurang 0%. Keterampilan memainkan alat marawis sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler marawis. Siswa memerlukan bimbingan guru-guru untuk mengikuti ekstrakuler marawis. |
en_US |