Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aspek
psikologis terhadap resiliensi (ketahanan) mahasiswi PPKT Fakultas
Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur‟an (IIQ) Jakarta Tahun Ajaran 2018 / 2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksploratif melalui pengumpulan data dengan penyebaran angket, observasi
dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswi PPKT
Fakultas Tarbiyah Tahun Ajaran 2018/2019. Institut Ilmu Al-Qur‟an Jakarta
sebagai lembaga pendidikan perguruan tinggi yang berkewajiban membekali
pengalaman lapangan atau praktik lapangan di bidang kependidikan bagi
mahasiswi Fakultas Tarbiyah agar dapat mempersiapkan diri menjadi guru
yang profesional di bidangnya, pengalaman ini merupakan implementasi dari
semua teori (ilmu-ilmu) yang sudah dipelajari di kampus, program ini biasa
disebut PPKT. Ketika pelaksananaan program PPKT para mahasiswi akan
mendapat pengalaman yang akan memberikan pengaruh secara psikologis
mereka dan mengatasi segala permasalahan yang ada ketika pelaksanaan
PPKT dengan resiliensi yang dimiliki mahasiswi PPKT.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan
signifikan aspek psikologis terhadap resiliensi (ketahanan) mahasiswi PPKT
Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur‟an Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019
sebesar 57,4%, sedangkan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini sebesar 42,6%.