DSpace Repository

Konsep Ta’dib Menurut Al-Attas Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 (Kajian Lapangan di Sekolah Pilot Project K-13 SMP.N 3 Tangerang Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Esi Hairani
dc.contributor.author Siti Wulandari, 15311561
dc.date.accessioned 2020-09-21T07:24:44Z
dc.date.available 2020-09-21T07:24:44Z
dc.date.issued 2019-08-08
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1113
dc.description.abstract Latar belakang penulisan skripsi ini adalah ketertarikan penulis terhadap isu utama dalam dunia pendidikan yaitu pendidikan karakter. Karakter dalam Islam dikenal dengan akhlak yang mulia. Akhlak mulia dalam Islam bersumber pada Rasulullah saw, dalam menghayati konsep pendidikan Islam dibutuhkan pemikiran seorang tokoh dalam Islam, intelektual muslim itu bernama Syed Muhammad Naquib Al-Attas dengan pemikiran konsep ta’dib sebagai tujuan pendidikan Islam. Tujuan pendidikan dalam konsep ta’dib dengan kurikulum 2013 memiliki kesamaan yaitu membentuk pribadi yang memiliki budi pekerti dan akhlak yang mulia sehingga menciptakan manusia yang baik dengan penyatuan dan keseimbangan antara moralitas dan intelektualitas sebagai bentuk penghambaan diri kepada Allah SWT sebagai makhluk ciptaan-Nya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui konsep ta’dib menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas, 2) mengetahui konsep kurikulum 2013, 3) penelitian ini juga memiliki tujuan untuk menghasilkan internalisasi dalam pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 di sekolah SMP.N 3 Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan kualitatif yaitu penelitian yang tidak menggunakan data statistik atau perhitungan angka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis kontendeskriptif dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat internalisasi antara konsep ta’dib menurut Al-Attas dalam pengembangan kurikulum 2013 di sekolah pilot project K-13 SMP.N 3 Tangerang Selatan dengan sangat baik karena peserta didik sudah memiliki dan menjalankan nilai-nlai yang dikembangkan dalam kurikulum 2013 yaitu nilai spiritual, nilai sosial, nilai pengetahuan, dan nilai keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Konsep Ta’dib en_US
dc.subject Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Kurikulum 2013 en_US
dc.title Konsep Ta’dib Menurut Al-Attas Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 (Kajian Lapangan di Sekolah Pilot Project K-13 SMP.N 3 Tangerang Selatan) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account