dc.description.abstract |
Latar belakang penulisan skripsi ini adalah ketertarikan penulis
terhadap isu utama dalam dunia pendidikan yaitu pendidikan karakter.
Karakter dalam Islam dikenal dengan akhlak yang mulia. Akhlak mulia
dalam Islam bersumber pada Rasulullah saw, dalam menghayati konsep
pendidikan Islam dibutuhkan pemikiran seorang tokoh dalam Islam,
intelektual muslim itu bernama Syed Muhammad Naquib Al-Attas dengan
pemikiran konsep ta’dib sebagai tujuan pendidikan Islam.
Tujuan pendidikan dalam konsep ta’dib dengan kurikulum 2013
memiliki kesamaan yaitu membentuk pribadi yang memiliki budi pekerti
dan akhlak yang mulia sehingga menciptakan manusia yang baik dengan
penyatuan dan keseimbangan antara moralitas dan intelektualitas sebagai
bentuk penghambaan diri kepada Allah SWT sebagai makhluk ciptaan-Nya.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui konsep ta’dib menurut
Syed Muhammad Naquib Al-Attas, 2) mengetahui konsep kurikulum 2013,
3) penelitian ini juga memiliki tujuan untuk menghasilkan internalisasi
dalam pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 di sekolah SMP.N 3
Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan kualitatif yaitu penelitian
yang tidak menggunakan data statistik atau perhitungan angka. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis kontendeskriptif
dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara,
dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat internalisasi
antara konsep ta’dib menurut Al-Attas dalam pengembangan kurikulum
2013 di sekolah pilot project K-13 SMP.N 3 Tangerang Selatan dengan
sangat baik karena peserta didik sudah memiliki dan menjalankan nilai-nlai
yang dikembangkan dalam kurikulum 2013 yaitu nilai spiritual, nilai sosial,
nilai pengetahuan, dan nilai keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. |
en_US |