DSpace Repository

Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Pada Siswa Kelas V SDN Cipinang Besar Selatan 16 Pagi Jakarta Timur

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fajar Syarif
dc.contributor.author Amalia, 15311605
dc.date.accessioned 2020-09-21T07:30:07Z
dc.date.available 2020-09-21T07:30:07Z
dc.date.issued 2019-08-09
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1115
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan peran yang dijalankan Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas V SDN Cipinang Besar Selatan Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Metode ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencari informasi sedalam-dalamnya mengenai pendidikan Agama Islam pada kelas V yang telah dilakukan oleh Guru PAI melalui wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada kelas V siswa SDN Cipinang Besar Selatan 16 Pagi Jakarta Timur dapat dikategorikan baik. Hal itu dapat dilihat pada indikasi peranan guru dalam proses belajar mengajar yang meliputi, cara menyampaikan materi sesuai dengan mata pelajaran yang akan diajarkan, membimbing siswa yang belum mampu dalam membaca Al-Qur‟an serta memberi motivasi kepada siswa yang kurang minat dalam mempelajari Al-Qur‟an. Kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa SDN Cipinang Besar Selatan 16 Pagi Jakarta Timur sudah cukup baik, pada waktu penulis memberikan soal-soal tes membaca Al-Qur‟an kepada siswa ada 40% siswa yang mampu membaca Al-Qur‟an dengan baik dan ada 60% siswa yang belum mampu membaca Al-Qur‟an dengan baik. hal ini menunjukkan banyaknya yang kurang mampu membaca, menulis, dan memahami tajwid dalam dalam Al-Qur‟an. Berarti kemampuan membaca Al-Qur‟an Pada Siswa belum ada peningkatan setelah belajar di sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Guru Pendidikan Agama Islam (PAI en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Qur‟an en_US
dc.title Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Pada Siswa Kelas V SDN Cipinang Besar Selatan 16 Pagi Jakarta Timur en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account