dc.description.abstract |
Melihat perkembangan zaman pada era globalisasi masih banyak yang merasa kesulitan dalam hal membaca maupun memahami Al-Qur‟an, sehingga terjadi banyak pergeseran nilai dalam kehidupan di masyarakat. Melihat juga dampak-dampak akan kemajuan teknologi seperti munculnya internet, pesatnya media sosial, permainan online dan lain sebagainya semakin membuat kebiasaan baru bagi anak, sehingga berkurangnya aktivitas keagamaan salah satunya membaca Al-Qur‟an.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program Qur‟an time di SMP Al Hasra Depok dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data (penyajian data), dan mengambil kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program Qur‟an time dapat dinilai baik dan mampu untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa, hal ini bisa dilihat dari kemampuan dan motivasi siswa dalam mempelajari Al-Qur‟an cukup baik dengan faktor lingkungan yang mendukung, meskipun ada beberapa siswa yang masih belum mencapai target, tetapi bisa diatasi dengan baik. |
en_US |