Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode maisura dalam pembelajaran Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Qodratullah Langkan-Banyuasin III.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah koordinator tahfizh putri, guru ilmu tajwid kelas XII MA, dan perwakilan santri tahfizh kelas XII MA Pondok Pesantren Qodratullah Langkan-Banyuasin III. Kemudian penulis melakukan pengamatan secara langsung implementasi Metode Maisura dalam pembelajaran Al-Qur‟an, serta melakukan wawancara dengan koordinator tahfizh putri, guru ilmu tajwid kelas XII MA, dan perwakilan santri tahfizh kelas XII MA, dan dokumentasi dengan mengambil data-data yang diperlukan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an dengan Metode Maisura di Pondok Pesantren Qodratullah sudah sesuai dengan buku Petunjuk Praktis Tasin Tartil Al-Qur‟an Metode Maisura, dimana metode pembelajarannya menggunakan metode Klasikal Individual, metode Demonstrasi, dan metode Tutor Sebaya, namun dalam proses pelaksanaannya ditemukan faktor penghambat yaitu kekurangan buku Petunjuk Praktis Tasin Tartil Al-Qur‟an Metode Maisura, tidak adanya alat peraga, dan kurangnya tenaga guru yang mengajar metode Maisura sedangakan faktor pendukung menggunakan teknologi pembelajaran infocus sehingga mempermudah menjelaskan materi Metode Maisura