dc.description.abstract |
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi beragam metode dalam pembelajaran Al-Qur`an di SD Emirattes Islamic School.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas 2B, koordinator tahfidz dan guru kelas dua SD Emirattes Islamic School. Kemudian penulis melakukan pengamatan langsung mengenai implementasi beragam metode dalam pembelajaran Al-Qur`an serta melakukan wawancara dengan wakil kepala sekolah, koordinator tahfidz, guru tahfidz kelas dua, perwakilan siswa, dan perwakilan orang tua siswa kelas 2B SD Emirattes Islamic School dan mengumpulkan dokumentasi serta mengambil data-data yang diperlukan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa implementasi beragam metode (metode talaqqi atau musyafahah, metode takrir, metode resitasi, metode klasikal dan metode demonstrasi) dalam pembelajaran Al-Qur`an (studi kasus siswa kelas 2B SD Emirattes Islamic School) sudah mengungguli dari standar yang ditentukan oleh peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, walaupun hanya dengan catatan yang tidak disusun sebagaimana yang diatur dalam membuat RPP. |
en_US |