DSpace Repository

Studi Analisis Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur‟an Di Tk „Aisyiyah Bustanul „Athfal 42 Sei Mencirim Medan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Esi Hairani
dc.contributor.author Lailan Marhamah, 16311656
dc.date.accessioned 2020-09-21T08:03:05Z
dc.date.available 2020-09-21T08:03:05Z
dc.date.issued 2020-08-31
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1122
dc.description.abstract Guru merupakan kunci sukses santri dalam pembelajaran. Untuk mendapatkan hal tersebut guru harus tahu cara memberikan pembelajaran yang berkualitas. Guru yang profesionalisme dalam mengajarnya akan selalu menggunakan suatu metode. Hal ini berarti pembelajaran Al-Qur’an memerlukan Metode pembelajaran. Dalam penelitian ini penulis membuat suatu judul Study analisis metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an. Karena Metode merupakan cara untuk menyampaikan materi pembelajaran Al-Qur’an yang baik dan benar. Adapun Tujuan penelitian ini, (1). untuk menganalisis isi materi metode ummi (2) untuk menganalisis Keunikan metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an (3) untuk menganalisis 7 tahapan pembelajaran metode Ummi, (4) untuk menganalisis 7 program pembelajaran metode ummi, (5) Kontribusi metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data informasi terkait study analisis metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an. Objek dalam penelitian ini adalah study analisis metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di Tk ‘Aisyiyah Bustanul Atfhal 42 Sei Mencirim Medan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data deskritif kualitatif. teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi tersebut sudah berjalan efektif terbukti dengan peserta didik lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran Al-Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Ummi en_US
dc.subject Pembelajaran Al-Qur’an en_US
dc.title Studi Analisis Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur‟an Di Tk „Aisyiyah Bustanul „Athfal 42 Sei Mencirim Medan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account