Abstract:
Pendidikan Agama yang diberikan kepada siswa di sekolah tidak cukup hanya
sekedar teori yang diajarkan dalam kelas saja, namun perlu adanya perluasan pengajaran
sampai dalam bentuk praktek.Kegiatan Spiritual Work Camp yang diadakan dari sekolah
merupakan bentuk pendidikan Agama yang bersifat praktek yang bertujuan untuk menunjang
peningkatan sikap spiritual peserta didik. Aspek yang menjadi fokus penelitian ini adalah 1)
Bagaimana Implementasi Spiritual Work Camp terhadap Kompetensi Sikap Spiritual Siswa
SMPIP Az-Zahra dan 2) Bagaimana Peningkatan Sikap Spiritual Siswa juga faktor
pendukung penghambat sebagai bentuk kontribusi Implementasi Spiritual Work Camp.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap spiritual siswa SMPIP Az-Zahra sudah
cukup baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan indikator sikap spiritual yang ada dalam
kompetensi inti (KI-1) kurikulum 2013 di jenjang SMP/Mts. Implementasi spiritual work
camp terhadap kompetensi sikap spiritual memberikan simpulan: Pertama, sikap spiritual
manusia yang tercermin dalam hubungan manusia dengan Tuhan-Nya terimplementasikan
dalam kegiatan berdo‟a sebelum dan sesudah belajar, kegiatan shalat berjama‟ah, membaca
tadarus Al-Qur`an, menjadi penceramah. Kedua, sikap spiritual dalam hubungan manusia
dengan manusia terimplementasikan dalam kegiatan memelihara lingkungan sekitar dan
menjaga silaturahmi.Ketiga, sikap spiritual manusia dengan alam terimplementasikan dalam
kegiatan bakti sosial dan Jelajah alam.Semua sudah tergabung kedalam kegiatan spiritual
work camp.Peningkatan sikap spiritual Siswasudah cukup baik.Peningkatan tersebut
tersampaikan melalui pembiasaan siswa yang dilakukan dari kegiatan spiritual work
camp.Faktor pendukung sebagai Kontribusi Implementasi Spiritual Work Campyaitu adanya
komitmen para guru, semangat siswa dan orang tua sedangkan faktor penghambat adanya
kekurangan waktu dalam pelaksanaan kegiatan SWC dan kurangnya sponsor.