DSpace Repository

Implementasi Program Unggulan Literasi dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMP Islam Plus Az-Zahra Depok

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Siva Octaviani, 16311672
dc.date.accessioned 2020-09-21T08:25:04Z
dc.date.available 2020-09-21T08:25:04Z
dc.date.issued 2020-08-24
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1127
dc.description.abstract Program literasi yang diadakan di sekolah ini merupakan bentuk pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Aspek yang menjadi fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Implementasi Program Unggulan Literasi dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMP Islam Plus Az-Zahra dan 2) Bagaimana Peningkatan Kreativitas Siswa juga faktor pendukung dan penghambat sebagai bentuk kontribusi Implementasi Program Unggulan Literasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa SMP Islam Plus Az-Zahra sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan indikator keterampilan dalam kompetensi inti (KI-4) kurikulum 2013 di jenjang SMP/Mts. Implementasi program unggulan literasi dalam meningkatkan kreativitas siswa SMP Islam Plus Az-Zahra memberikan kontribusi yang besar dalam menciptakan sekolah yang lebih baik. Hal yang dirasakan dari kegiatan literasi ini terutama bagi siswa sangat membantu dalam meningkatkan kualitas belajar, menambah wawasan pengetahuan serta meningkatkan kreativitas dalam menulis. Penerapan kegiatan literasi ini memberikan efek yang sangat baik dan sangat positif dalam meningkatkan kemampuan siswa terutama dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah. Kontribusi Implementasi program unggulan literasi dalam meningkatkan kreativitas siswa SMP Islam Plus Az-Zahra yaitu adanya komitmen para guru, adanya semangat siswa dan adanya fasilitas dari sekolah atau yayasan untuk hunting buku. Sedangkan faktor penghambat yakni kurangnya buku sehingga siswa harus membawa buku sendiri-sendiri, dan terkadang siswa yang tidak disiplin, tidak membawa buku bacaannya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Program Unggulan Literasi en_US
dc.subject Kreativitas en_US
dc.title Implementasi Program Unggulan Literasi dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMP Islam Plus Az-Zahra Depok en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account