DSpace Repository

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Pemahaman Pada Siswa di SMP Darussalam Ciputat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Eka Naelia Rahmah
dc.contributor.author Satimah, 16311708
dc.date.accessioned 2020-09-22T03:22:44Z
dc.date.available 2020-09-22T03:22:44Z
dc.date.issued 2020-08-31
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1139
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bahwasanya model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) mampu meningkatkan pemahaman belajar pada SMP Darussalam Ciputat. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan dekriptif.Tempat penelitian di SMP Darussalam Ciputat. Sumber data utama adalah bagian akademik sekolah dan empat siswa-siswi kelas VII dan IX SMP Darussalam Ciputat. Adapun data juga diambil dari skunder buku, jurnal, dan skripsi, serta sumber dokumen berupa foto. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa model pembelajaran STAD dalam meningkatkan pemahaman pada peserta didik terbagi menjadi enam aspek, yakni 1) pengetahuan, siswa mampu mengingat informasi dalam pembelajaran, 2) pemahaman, peserta didik mampu menjelaskan pengetahuan/informasi pembelajaran 3) penerapan, peserta didikmampu menerapkan pemahaman pembelajaran dengan baik. 4) Analisis, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan untuk mencapai kesimpulan. 5) Sintesis, peserta didik mampu menyimpulkan pembelajaran yang dijelaskan guru. 6) Evaluasi, peserta didik mampu memperbaiki nilai dalam pembelajaran. Adapun Pelaksanaan model pembelajaran STAD ini sudah mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar agar lebih aktif interaksi satu sama lain dan dan pembelajaranpun menjadi efektif. Walau secara teknis pembelajarannya ada kendala. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Model Pembelajaran STAD en_US
dc.subject Pemahaman Siswa en_US
dc.title Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Pemahaman Pada Siswa di SMP Darussalam Ciputat en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account