DSpace Repository

Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) (Studi Analisis Pada Kelas XI di SMA Dharma Karya UT Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewi Maharani
dc.contributor.author Zulfa Indah Pratiwi, 16311721
dc.date.accessioned 2020-09-22T03:37:52Z
dc.date.available 2020-09-22T03:37:52Z
dc.date.issued 2020-08-06
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1141
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cara mengajar guru PAI yang masih menggunakan pembelajaran konvensional sehingga belum bisa melatih berpikir kritis siswa dan menyebabkan rendahnya kualitas serta mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bahwasannya dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) ini perlu diterapkan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian ini di SMA Dharma Karya UT Tangerang Selatan. Sumber data utama penelitian ini adalah guru PAI, siswa-siswi kelas XI serta kepala sekolah. Adapun sumber data sekunder adalah buku, jurnal, skripsi. Dan sumber dokumenter berupa hasil penelitian terdahulu, dokumen RPP, dokumen soal UH kelas XI, foto dan audio. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa penerapan pembelajaran PAI berbasis HOTS yang dilaksanakan tersebut dapat dilihat dari perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi yang diterapkan. Adapun dalam pelaksanaan pembelajarannya dalam menumbuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa atau HOTS terbagi menjadi tiga aspek yakni Pertama, menganalisis dilihat pada penerapan metodenya yakni siswa sudah mampu berpikir kritis dan mampu memecahkan permasalahan yang ada mengenai materi perilaku taat. Kedua, mengevaluasi pun dilihat pada metode yang digunakannya yakni saat siswa dengan sengaja diberikan pernyataan yang belum tepat oleh guru dan siswa mengungkapkan argumentasinya terkait materi perilaku taat, kompetitif dalam kebaikan serta etos kerja. Ketiga, mengkreasi atau mencipta dilihat dari perubahan yang terjadi setelah mempelajari pelajaran pendidikan agama Islam yakni siswa sudah mampu mendisiplinkan waktunya dengan membuat jadwal aktivitas sehari-hari dan terlihat pada kesadaran siswa dalam menjalankan kewajibannya disekolah ketika beribadah sudah tidak lagi diperintahkan oleh guru. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pembelajaran PAI en_US
dc.subject HOTS en_US
dc.title Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) (Studi Analisis Pada Kelas XI di SMA Dharma Karya UT Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account