DSpace Repository

Upaya Sekolah dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa SDN 260 Ampung Julu

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Istiqomah
dc.contributor.author Padilah Rahmi Nasution, 16311745
dc.date.accessioned 2020-09-22T04:29:00Z
dc.date.available 2020-09-22T04:29:00Z
dc.date.issued 2020-08-28
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1148
dc.description.abstract Dalam UU no. 20 TAHUN 2003 menjelaskan tentang Sistem Pendidikan Nasional sebagai landasan yuridis dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia, yaitu pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memilih kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh sekolah dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SDN 260 Ampung Julu Tahun Pelajaran 2019/2020. Metodologi dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Subjek Penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru-Guru SDN 260 Ampung Juludan Siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya sekolah dalam membentuk akhlak siswa di sekolah SDN 260 menggunakan beberapa metode yang releven, yaitu dengan Metode pembiasaan dan keteladanan. Metode pembiasaan yang dilakukan setiap hari seperti : setiap hari senin diadakan uapacara bendera, hari selasa menyanyikan lagu wajib, rabu menghafal nama-nama pahlawan, kamis mengadakan kuis, hari jum‟at biasanya menghafal surat-surat pendek, dan hari sabtu pidato dan kebersihan sebelum pulang sekolah. Faktor pendukung pembentukan akhlak SDN 260 Ampung Julu adalah didasari oleh visi: beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah, berprestasi bidang akademik dan non akademik, Selain itu, guru PAI, Nabi Muhammad saw sebagai pedoman teladan yang paling utama dalam pembentukan akhlak dan kerjasama antara guru satu dengan yang lainnya. Selanjutnya faktor penghambat pembentukan akhlak adalah faktor lingkungan, faktor keluarga, setiap guru tidak mempunyai tipe yang sama dalam kedisiplinan dan tingkat kepedulian setiap guru berbeda-beda. Upaya sekolah dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SDN 260 Ampung Julu di dasari dengan kebiasaan-kebiasaan dan keteladanan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Upaya Sekolah en_US
dc.subject Akhlakul Karimah en_US
dc.title Upaya Sekolah dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa SDN 260 Ampung Julu en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account