Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Tasmi’ dalam
meningkatkan kualitas hafalan siswa. Tempat penelitian di sekolah MI Mumtaza Islamic
School Pondok Cabe Udik. Sumber data utama adalah Kepala Tahfizh, Wakil Kepala
Kurikulum, Guru Tahfizh dan siswa-siswi kelas V MI Mumtaza Islamic School Pondok
Cabe Udik. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya program Tasmi’ yang diterapkan
di sekolah MI Mumtaza Islamic School. Guru memberikan metode khusus agar siswa tidak
merasakan bosan ketika menghafalakan Al-Qur’an. Metode yang diterapkan adalah metode
Tasmi’ untuk melatih siswa dalam mengulang hafalan. Metode Tasmi’ merupakan suatu
cara untuk memperlancar hafalan dan mempertajam hafalan. Metode penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
display data (penyajian data), dan mengambil keputusan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program Tasmi’ sangat
bermanfaat dan mampu dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa. Meskipun banyak
kendala di tataran teknisnya, seperti bosan, malas ketika menghafal, tetapi dengan semangat
dari guru, siswa akan bersemangat kembali dalam menghafal. Kelebihan metode tasmi’
disini adalah siswa dapat istiqamah dalam mereview hafalannya, baik hafalan materi baru
atau hafalan materi yang sudah lama